Hidup Sehat Tanpa Rokok

Kategori : Informasi Selasa, 01 November 2016

Mari hidup sehat tanpa rokok agar kita lebih sehat. Banyak orang yang ingin berhenti merokok namun hanya sebagian saja yang melakukannya dengan sungguh-sungguh. Berhenti merokok memang sulit sekali dilakukan bagi yang sudah kecanduan, tapi bukan berarti tidak bisa.

Merokok merupakan penyebab kematian dini yang dapat dicegah. Perokok memiliki risiko tinggi untuk berkembang menjadi penyakit kronis. Seperti aterosklerosis, penumpukan lemak pada pembuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

Secara keseluruhan, angka harapan hidup juga berkurang bagi orang yang memiliki kebiasaan merokok jangka panjang, dengan perkiraan usia akan berkurang 10-17,9 tahun lebih sedikit dibanding yang bukan perokok.

BAHAYA ROKOK
Rokok mengandung 4000 bahan kimia, 200 diantaranya beracun dan 43 penyebab kanker. Racun utama pada rokok adalah Nikotin, Tar dan Karbon Monoksida (CO). Nikotin adalah zat adiktif (menimbulkan kekambuhan) yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

DAMPAK RACUN ROKOK
Efek racun rokok membuat penghisap asap rokok mengalami resiko lebih besar (dibanding yang tidak menghisap asap rokok) sebagai berikut : 14 kali menderita kanker paru-paru, mulut dan tenggorokan. 4 kali menderita kanker lambung. 2 kali kanker kandung kemih/kelamin 2 kali serangan jantung. Rokok juga meningkatkan resiko kematian bagi penderita penyakit paru dan gagal jantung, impotensi serta tekanan darah tinggi terutama pada wanita hamil

TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK
Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok tetapi ada disekitar (dalam jangkauan) asap rokok. Efek asap rokok bagi perokok pasif ada dua macam yaitu efek langsung dan tidak langsung. Efek langsung, seperti iritasi mata, batuk-batuk, pusing dan mual-mual. Bagi penderita asthma bisa menurunkan fungsi paru. Efek yang ditimbulkan 3 kali lebih berbahaya dari pada perokok aktif. Efek tidak langsung, perokok pasif memiliki peningkatan resiko terkena kanker sebanyak 25%. Pada bayi bisa mengalami Sudden Infant Death Syndrome atau kematian mendadak. Calon ibu yang merokok atau terpapar asap rokok saat mengandung menyebabkan berbagai kelainan saat melahirkan seperti kekurangan berat badan, posisi janin tidak benar, kecacatan dan lain-lain. Pada anak-anak asap rokok dapat menyebabkan Pneumonia (radang paru-paru), Bronchitis, Asthma, Infeksi telinga dan lain-lain. Sedangkan bagi orang dewasa menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru dan kanker panyudara, sinus (radang pada hidung), penyakit jantung, menurunkan fungsi hati, sampai menurunkan fungsi seksual (impotensi). Sekitar 70% perokoko pasif terpapar asap rokok saat berada di tempat umum.

Dampak Merokok Jangka Pendek
Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit mempengaruhi kesehatan perokok secara umum. Besarnya bahaya merokok sebenarnya sudah disadari oleh para perokok, hal ini karena pada setiap bungkus rokok terdapat peringatan mengenai bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Tetapi, hal tersebut seringkali kuatnya ketergantungan terhadap rokok bagi perokok yang dapat membuat tidak mau berhenti untuk menghisapnya.

Berikut ini beberapa dampak merokok jangka pendek bagi kesehatan.
1. Denyut nadi dan tekanan darah meningkat
2. Gerakan usus meningkat
3. Nafsu makan menurun
4. Sirkulasi darah kurang baik
5. Suhu ujung jari tangan dan kaki menurun
6. Berkurangnya rasa mengecap dan membau
7. Menimbulkan kerusakan gigi


Dampak Merokok Jangka Panjang
Merokok dapat membunuhmu dengan perlahan tanpa disadari. Seluruh dokter di dunia bersepakat rokok itu haram dan berbahaya bagi kesehatan. Dan keuangan! Saat ini hampir semua negara di dunia mewajibkan pemasangan peringatan bergambar pada bungkus rokok, termasuk Indonesia. Peringatan bergambar pada bungkus rokok adalah sarana efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok.

Keuntungan Berhenti Merokok
Beberapa perubahan akan terjadi jika anda berhenti merokok bahkan terjadi beberapa menit setelah anda memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang merugikan kesehatan ini. Beberapa efek menguntungkan akan terjadi segera, dan beberapa hal-hal baik lainnya terjadi dari waktu ke waktu.

Berikut keuntungan berhenti merokok yang akan terjadi jika anda berhenti merokok:
1. Dalam 20 menit pertama setelah berhenti merokok: tekanan darah dan frekuensi jantung akan mulai perbaikan / menimbulkan perubahan yang signifikan
2. Setelah 12 jam berhenti merokok: kadar karbon monoksida di dalam darah akan kembali normal
3. Setelah dua minggu hingga tiga bulan berhenti merokok: proses sirkulasi dan fungsi paru akan mengalami perbaikan
4. Setelah satu hingga sembulan bulan berhenti merokok: pernafasan yang bersih perlahan-lahan akan kembali seiring dengan menghilangnya batuk dan sesak nafas. Anda mendapatkan kembali fungsi batuk yang produktif yang dapat membersihkan paru dan meminimalkan dari risiko infeksi
5. Satu tahun setelah berhenti merokok: faktor risiko seseorang terhadap penyakit jantung koroner akan berkurang 50 persen
6. Lima hingga 15 tahun setelah berhenti merokok: risiko seseorang terkena stroke sama dengan orang yang tidak merokok
7. Setelah sepuluh tahun berhenti merokok, rata-rata kematian akibat penyakit kanker paru berkurang setengahnya dari mereka yang masih merokok. Risiko penyakit kanker lain, seperti tenggorokan, mulut, esophagus, kandung kemih, leher rahim, dan pancreas juga akan berkurang.

Sepuluh Cara Berhenti Merokok :
Jika anda telah mengambil keputusan untuk berhenti merokok, berikut sepuluh cara berhenti merokok total yang efektif, dengan cepat dan paling ampuh selamanya.

Selamat mencoba, lakukan proses perubahan dengan lembut dan berkesan.
1. Tetap bertekad dan memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga
2. Membuang jauh-jauh semua rokok dan yang ada kaitannya dengan rokok dan baunya
3. Bernafas panjang-panjang
4. Olahraga secara teratur
5. Mengambil waktu tidur lebih banyak (jangan banyak begadang
6. Banyak minum air putih
7. Jauhi minuman kopi, alkohol, makanan yang berbumbu banyak
8. Jauhi semua yang mengingatkan kepada rokok seperti: kursi dimana anda biasa duduk merokok, ruangan dimana anda biasa merokok
9. Percaya bahwa orang lain akan setuju kalau anda berhenti merokok

Tujuh Tips Berhenti Merokok
1. Bulatkan Tekad untuk berhenti Merokok
2. Berhenti Merokok Seketika atau melakukan pengurangan jumlah rokok yang dihisap per hari secara bertahap
3. Kenali waktu dan situasi dimana anda paling sering merokok
4. Mintalah dukungan dari keluarga dan kerabat
5. Tahan Keinginan anda dengan menunda
6. Berolahraga secara teratur
7. Konsultasikan dengan dokter, pastinya dengan dokter yang tidak merokok ya.....:-)

Yuk Hidup sehat tanpa rokok.....

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32