Warga Lhokseumawe dan Aceh Utara disosialisasikan Germas

Kategori : Berita Senin, 19 Juni 2017

Warga Lhokseumawe dan Aceh Utara mendapat sosialisasi Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Sosialisasi ini langsung di isi oleh narasumber dari Kementerian Kesehatan RI dari Jakarta. Di kota Lhokseumawe, kegiatan berlangsung Hotel Lido Graha, Jumat (16/6/2017) sore.

Koordinator acara, Tgk. Jasmadi, menyebutkan, peserta kegiatan berasal dari SKPD-SKPD di Lhokseumawe, petugas puskesmas, organisasi kemasyarakatan dari tokoh masyarakat setempat. "Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menambah pengetahuan bagaimana cara hidup sehat, terutama mau menerapkan germas dalam kehidupan sehari-hari", sebut Tgk. Jasmadi.

Ada sekitar 150 orang yang di undang untuk ikut sosialisasi ini, dan peserta saat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga acara selesai.

Pematerinya berasal dari Kemenkes RI.

Pada acara ini peserta dijelaskan bagaimana masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat, dalam kehidupan sehari-hari. "Saat ini Kementerian Kesehatan sedang fokus untuk menggalakkan masyarakat untuk melaksanakan suatu gerakan yang diberi nama Germas yaitu Gerakan masyarakat hidup sehat. Pada tahun 2017 germas fokus pada tiga hal utama yaitu melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan buah dan sayur setiap hari, dan masyarakat harus rutin melakukan cek kesehatan secara rutin. Cek kesehatan secara rutin sangat penting dilakukan untuk deteksi dini terhadap penyakit, terutama penyakit tidak menular atau PTM yang trend nya cenderung menunjukkan peningkatan sekarang ini. Hal lain yang yang juga sangat perlu dilakukan oleh masyarakat adalah menghindari rokok, dan kebiasaan buruk lainnya seperti minum alkohol, suka makan junk food, dan sebagainya",  jelas Dra. Pimanih, M.Kes narasumber dari Kemenkes itu.

Di akhir pertemuan, peserta yang hadir ikut menandatangani komitmen bersama untuk mendukung suksesnya germas di tempatnya masing-masing. Kegiatan ini ikut dihadiri oleh tim sosialisasi yang berasal dari kementerian kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dinas kesehatan kabupaten setempat.

Selain dikota Lhokseumawe,  kegiatan yang sama juga berlangsung untuk Aceh Utara pada Sabtu (17/6/2017) yang dipusatkan di gedung Hasbi Assiddiqie. 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32