Turun ke Daerah Terpencil, Tim Dinkes dan Rumah Sakit Beri Pelayanan Kesehatan Bergerak di Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan

Kategori : Berita Rabu, 27 September 2017

Tim kesehatan yang terdiri dari tim dari Dinas Kesehatan Aceh, Dinas Kesehatan Aceh Besar,  dan tim dokter dari RSUZA dan RS Meuraxa Banda Aceh melakukan aksi pelayanan Kesehatan Bergerak di Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan. Kegiatan tersebut dipusatkan di pulau Breuh dan Pulau nasi, Kabupaten Aceh Besar.  Di Pulau Breuh kegiatan berlangsung Selasa (26.09.2017) yang dipusatkan di Aula Balai Pertemuan Gampong Gugob, dan hari ini rencananya akan dilakukan kegiatan yang sama di Pulau Nasi. 

Dalam aksi ini,  tim bergerak ke daerah kepulauan tersebut dengan menumpangi boat nelayan mengarungi derasnya arus samudra itu untuk mencapai pulau yang berada ditengah laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia itu.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terpencil tersebut,  ikut melibatkan dokter spesialis diantaranya : spesialis anak, spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit THT, dokter gigi dan juga dokter umum dari RSUZA dan Rumah sakit Meuraxa,  Banda Aceh. 

Program ini sesuai amanah Permenkes 90 tahun 2015 dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terpencil.

Antusiasme warga dalam menyambut program ini sangat tinggi sekali. Hal ini terlihat dari ramainya warga yang berbondong-bondong datang ke meunasah desa Gugob,  untuk mendapatkan berbagai pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tim kesehatan. 

Dibagian lain,  tim kecil yang tergabung dalam tim gizi dari dinas kesehatan Aceh juga ikut turun untuk melakukan penjaringan kasus gizi di daerah sasaran tersebut. Kadinkes Aceh dr.  Hanif,  ikut terjun langsung dalam kegiatan tersebut. 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32