Waktu Tepat Untuk Cuci Tangan Pakai Sabun

Ilustrasi 11 Cuci Tangan Pakai Sabun
Ilustrasi 11 Cuci Tangan Pakai Sabun

(BANDA ACEH) -- Pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan diri tidak dapat diabaikan, terutama dalam menjaga kebersihan tangan.

Salah satu cara yang efektif untuk membersihkan tangan adalah mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir bukan hanya sekadar rutinitas sehari-hari, tetapi juga merupakan tindakan penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan diri dan orang lain di sekitar kita.

Waktu yang tepat untuk mencuci tangan dengan sabun adalah setelah kita bersentuhan dengan hewan, manusia, benda atau permukaan yang berpotensi mengandung kuman.

Karena itu, disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dalam situasi-situasi berikut:

1. Sebelum dan setelah makan,
Mencuci tangan sebelum makan mencegah penyebaran kuman dari tangan ke makanan yang akan dikonsumsi. Setelah makan, mencuci tangan membersihkan sisa makanan dan melindungi diri dari kuman yang mungkin ada pada tangan anda.

2. Setelah menggunakan toilet,
Mencuci tangan setelah menggunakan toilet sangat penting untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri yang mungkin terdapat pada lingkungan toilet.

3. Ketika Anda sakit atau merawat orang yang sakit,
Jika anda atau orang di sekitar anda sedang mengalami sakit, mencuci tangan dengan sabun secara teratur membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit dan menjaga kebersihan lingkungan.

4.Setelah menangani hewan peliharaan atau sampah, Hewan peliharaan atau membuang sampah dapat mengandung kuman atau bahan kimia yang berpotensi berbahaya.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci tangan setelah berinteraksi dengan hewan peliharaan atau membuang sampah.

5. Ketika tangan terlihat kotor
Jika tangan terlihat kotor atau terdapat noda, sebaiknya mencuci tangan dengan sabun untuk membersihkan kotoran yang mungkin mengandung kuman.

Penting untuk diingat juga bahwa mencuci tangan dengan sabun harus dilakukan dengan benar, mencuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk mematikan kuman penyebab penyakit.

Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir selama minimal 40-60 detik adalah cara yang baik untuk melindungi kita dari penyakit.

Lalu, langkah-langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar itu seperti apa? Yuk kita perhatikan langkah-langkahnya pada gambar dibawah ini.

Ilustrasi 11 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

(Sumber : Pedoman Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

Langkah-langkah CTPS :

  1. Basahi kedua tangan dengan air bersih mengalir.
  2. Gunakan sabun pada tangan secukupnya.
  3. Gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya
  4. Gosok punggung tangan dan sela jari
  5. Gosok telapak tangan dan sela jari dengan posisi saling bertautan
  6. Gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan
  7. Genggam dan basuh ibu jari dengan posisi memutar
  8. Gosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar bagian kuku terkena sabun
  9. Gosok tangan yang bersabun dengan air bersih mengalir
    Keringkan tangan dengan lap sekali pakai atau tisu
    Bersihkan pemutar keran air dengan lap sekali pakai atau tisu

Mengajarkan pentingnya mencuci tangan pakai sabun kepada keluarga, teman, dan lingkungan sekitar merupakan upaya yang berguna dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari penyakit.

Jadi, jangan anggap sepele perlunya mencuci tangan dengan sabun. Jadikanlah aktivitas ini sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari dan terapkan dengan konsisten.

Dengan mencuci tangan pakai sabun, kita dapat menjaga kebersihan tangan, mencegah penyebaran penyakit, dan memberikan kontribusi positif dalam memperkuat kesehatan kita maupun orang di sekitar kita.

👁 10859 kali

Berita Terkait