Dinkes Aceh Fasilitasi Rapat Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas di 5 Kabupaten Lokus

Dinas Kesehatan Aceh, melalui seksi Promosi Kesehatan dalam minggu ini memfasiltasi Rapat Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)  di lima kabupaten/kota yang menjadi daerah lokus pelaksanaan Germas tahun 2018 diprovinsi Aceh. Kelima kabupaten/kota yang terpilih menjadi daerah lokus pelaksanaan germas tahun ini adalah Kabupaten Aceh Tengah,  Aceh Selatan,  Aceh Barat Daya,  Aceh Singkil dan Pidie. 

Rapat Forum Pelaksanaan Germas di Aceh Tengah

Dari Aceh Tengah dilaporkan, kegiatan rapat forum koordinasi pelaksanaan germas di Kabupaten Aceh Tengah berlangsung pada (Rabu, 9 Mei 2018) di aula hotel Mahara, Aceh Tengah. Dr Syukri Maha, kepala dinas kesehatan Aceh Tengah dalam sambuatannya saat membuka acara tersebut mengharapkan adanya peran aktif dari semua lintas sektor, ormas, organisasi profesi dan dukungan dari seluruh masyarakat Aceh Tengah untuk dapat sepenuhnya mendukung pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Aceh Tengah. "Sekarang ini kita dihadapkan pada dua masalah berat, double burden penyakit transisi epidemiologi penyakit. Sekarang ini pola penyakit yang ada dimasyarakat sudah berubah,  yang dulunya masyarakat lebih didominasi oleh penyakit infeksius tapi sekarang ini sudah bergeser ke penyakit-penyakit yang tidak menular", urai dr. Syukri Maha, Kadinkes Aceh Tengah itu. 

Lebih lanjut, Sukri Maha menjelaskan untuk menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan tersebut,  maka pemerintah sudah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Untuk itu kita harapkan nantinya setelah kegiatan ini kita juga bisa mengeluarkan regulasi yang mendukung pelaksanaan germas di Aceh Tengah dan juga nantinya bisa melahirkan forum koordinasi untuk lebih efektifnya pelaksanaan germas di kabupaten Aceh Tengah. 

Pada kegiatan tersebut selain menghadirkan narasumber di Dinas Kesehatan Aceh,  juga menghadirkan narasumber dari Bappeda Aceh Tengah,  dan Kabag Hukum Setdakab Aceh Tengah dan juga dari Dinas Kesehatan Aceh Tengah itu sendiri.  Dari hasil paparan dan diskusi,  peserta dari berbagai lintas sektor dan ormas tersebut sangat antusias berpartisipasi aktif dalam diskusi. 

Inovasi untuk mendukung Germas di Daerah

Hal yang mengemuka dalam diskusi yang berlangsung alot tersebut diantaranya adalah perlunya untuk mendukung pelaksanan gerakan masyarakat hidup sehat didaerah diantaranya perlu penerapan/pelaksanaan car free day secara rutin, menyiapkan regulasi yang melarang pekerja kantor untuk menggunakan kendaraan bermotor pada hari-hari tertentu saat ke kantor atau minimal pada hari-hari tertentu untuk tidak boleh memarkirkan kendaraannya di halaman kantor, selain hal-hal lain yang sudah biasa dilakukan untuk mendukung germas,  seperti membiasakan peregangan pada setiap jam 10 atau jam 15 setiap harinya. Atau mengganti kudapan-kudapan rapat dari yang biasanya disajikan dalam bentuk kue, tapi diganti dengan buah dan yang berbasis sayur sehingga lebih menyehatkan. Semoga. 

 

👁 515 kali

Berita Terkait