Workshop Sistem Informasi Kesehatan Daerah Generik (SIKDA Generik) Versi 1.4

Kategori : Berita Senin, 14 Mei 2018
Foto: Workshop SIKDA Generik Dinkes Aceh Tahun 2018

Dalam menuju satu data kesehatan diperlukan penguatan SIK terintegrasi dengan menerapkan prinsip dasar dalam pengelolaan dan penyelenggaraan data yang akuntabel dan berintegritas dengan satu standar data, satu meta data baku dan satu portal data, untuk menjawab hal tersebut telah dikembangkan aplikasi sistem informasi kesehatan daerah generik (SIKDA Generik). Dinas Kesehatan Aceh melalui Subbag Program Informasi dan Humas menyelenggarakan workshop SIKDA Generik Versi 1.4 selama tiga hari tanggal 7 s/d 9 Mei 2018 di grand hotel permata hati Banda Aceh, diikuti oleh 36 peserta dari kabupaten dan puskesmas terpilih yang selama ini telah komit dalam implementasi SIKDA Generik versi 1.4 bridging pcare.

Aplikasi Sistem Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik telah dikembangkan sebagai sarana untuk mengumpulkan data hasil kegiatan Puskesmas. Sikda Generik juga merupakan salah satu upaya Kementerian Kesehatan dalam menerapkan standarisasi Sistem Informasi Kesehatan sehingga dapat tersedia data dan informasi kesehatan yang akurat, tepat dan cepat dalam mengambil kebijakan di bidang kesehatan baik di tingkat pusat maupun di daerah dengan mendayagunakan teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).

Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif membuka dan memberikan pengarahan kepada peserta agar lebih bersungguh-sungguh dalam mengimplemtasikan sistem informasi kesehatan di puskesmas seperti yang tertuang dalam permenkes 75 tahun 2014 tentang puskesmas pasal 43 terkait dengan kewajiban puskesmas dalam melakukan kegiatan sistem informasi Puskesmas, dan beliau juga mengharapkan dukungan dari kab/kota untuk memanfaatkan secara optimal SIKDA Generik yang selama ini sudah berjalan di puskesmas dan akan diintegrasikan dengan sistem pemerintah Aceh dalam satu portal data.

Dalam pertemuan ini juga menghadirkan narasumber pusat terkait refreshing modul-modul pelaporan yang ada dalam SIKDA Generik versi 1.4. dan melakukan perbaikan masalah aplikasi yang didapati oleh petugas, dan narasumber lokal dari dinas komunikasi informasi dan persandian Aceh terkait dengan infrastuktur jaringan internet diwilayah pemerintah Aceh termasuk jaringan yang akan difasilitasi di 120 titik puskesmas yang selama ini sangat sulit untuk mengakses koneksi internet, dan harapannya puskesmas-puskesmas tersebut dapat mengimplementasikan SIKDA Generik versi 1.4 bridging pcare.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32