Webinar Sosialisasi Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) dan Workshop implementasi SISRUTE di Fasilitas Kesehatan

Kategori : Berita Selasa, 08 Januari 2019
Print Friendly and PDF
Rangkaian penyampaian SISRUTE melalui webinar dengan Direktorat Pelayanan Kesehatan kementerian kesehatan RI

Banda Aceh - Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi guna peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan. Sistem Rujukan Terintegrsi (SISRUTE) merupakan sebuah aplikasi untuk penyelenggaraan pelayanan kesehatan antar Fasilitas Kesehatan. Sesuai dengan surat Direktorat Pelayanan Kesehatan kementerian kesehatan nomor YR.04.02/III/6014/2018 tanggal 10 Desember 2018 tentang penggunaan SISRUTE diseluruh faskes lingkup provinsi, sebagai sistem informasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan terpadu berbasis IT, meningkatkan kinerja faskes dengan digitalisasi IT e-rujukan dan untuk mempercepat proses rujukan dan rujuk balik sesuai kebutuhan medis pasien dan kompetensi fasyankes.

Berkenaan dengan surat Direktorat Pelayanan Kesehatan kementerian kesehatan RI pada tanggal 7 Januari 2019 pukul 10.00 – 12.00 WIB dilaksanakan teleconference melalui webinar tentang sosialisasi SISRUTE dan Workshop implementasi SISRUTE di fasiltas kesehatan. Khusus Dinas kesehatan Aceh melalui bidang yankes bersama subbag program informasi dan humas mengikuti kegiatan tersebut bertempat di ruang server dinas kesehatan Aceh, adapun peserta dari dinas kesehatan Aceh dihadiri oleh kabid yankes, kasi yankestrad, kasi rujukan ditambah peserta dari subbag program informasi dan humas, turut dihadiri peserta dari dinas kesehatan kota Banda Aceh, Rumah Sakit Meuraxa, Rumah Sakit Princenayef Unsyiah, Rumah Sakit Fakinah, Rumah Sakit Cempaka Azzahra, dan peserta dari puskesmas di lingkungan dinas kesehatan Kota Banda Aceh.

Dalam rangkaian penyampaian SISRUTE melalui webinar dijelaskan bahwa aplikasi SISRUTE sebagai sebuah Sistem Rujukan Terintegrasi sangat membantu dalam mempercepat pelayanan rujukan di rumah sakit rujukan. Pihak pengirim rujukan dapat informasi Sumber Daya yang dimiliki oleh RS Rujukan berupa informasi SDM Medis, Alat Medis, Stok Bank Darah, maupun ketersediaan tempat tidur rawat inap yang sudah terintegrasi dengan aplikais SIRANAP. Bagi RS Rujukan dapat mengetahui informasi awal yang penting sebelum dirujuk ini menjadi salah satu faktor utama keberhasilan pelaksanaan aplikasi ini, selain itu, aplikasi ini bisa dilaksanakan dengan baik jika diiringi dengan komitmen dan dukungan dari semua pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan juga BPJS Kesehatan. Diharapkan aplikasi SISRUTE dapat dioperasionalkan secara optimal guna meningkatkan kinerja pelayanan dan perluasan akses serta mutu pelayanan kesehatan.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32