"Rumoh Gizi Gampong" Meriahkan Karnaval Mobil Hias HUT RI ke 74

Kategori : Berita Minggu, 18 Agustus 2019
Print Friendly and PDF
Meriah Pawai Budaya Dan Mobil Hias HUT RI ke 74, Dinkes Aceh Perkenalkan Rumoh Gizi Gampong
Meriah Pawai Budaya Dan Mobil Hias HUT RI ke 74, Dinkes Aceh Perkenalkan Rumoh Gizi Gampong

Dinas Kesehatan Aceh ikut ambil bagian dalam memeriahkan karnaval mobil hias dalam rangka HUT RI ke 74 tahun 2019. Karnaval yang berlangsung Minggu (18/08/2019) ini. Para peserta mengambil start dan finish di Lapangan Blangpadang dan mengitari sejumlah jalan protokol dalam Kota Banda Aceh.


Untuk pawai budaya rutenya, peserta dari Blangpadang akan memasuki ke Jalan Sultan Iskandar Muda dan menuju ke arah Pendopo Gubernur.

Di depan pendopo, para peserta akan disambut oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Forkompimda Aceh

Kemudian melintasi depan Masjid Raya Baiturrahman menuju ke ke arah Simpang Lima, dan berbelok ke arah Rex Peunayong dan Jembatan Peunayong.

Dari jembatan itu peserta akan lurus ke arah Jalan Tentara Pelajar Merduati, lalu menuju ke Jalan KH Ahmad Dahlan dan kembali finish di Lapangan Blangpadang.

Sedangkan untuk mobil hias, dari Simpang Lima peserta akan lurus ke Jalan Daud Beureueh, Jalan T Nyak Arief hingga Simpang Mesra.

Selanjutnya mereka putar arah kembali ke Lapangan Blangpadang melalui rute yang sama.

Kepala Dispora Aceh, Darmansyah melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Aceh sekaligus Ketua Panitia, Saifullah menyampaikan peserta pawai budaya di Banda Aceh diikuti oleh 125 sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat.

Sementara untuk mobil hias yang diikuti oleh SKPA, TNI/Polri sekitar 67 kendaraan. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, melepas ribuan peserta pawai budaya dan mobil hias tersebut di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, pagi ini, Minggu (18/8/2019)

Rumoh Gizi Gampong Untuk Cegah Stunting Sejak Dini

Rumoh Gizi Gampong merupakan tempat layanan penyediaan makanan bergizi bagi balita dan ibu hamil di setiap gampong di seluruh Aceh. Dengan upaya pemberian asupan makanan bergizi pada ibu hamil dan anak balita, nantinya dihatapkan  jumlah anak yang mengalami stunting dapat ditekan.

Rumoh Gizi Gampong merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di tingkat desa/gampong dalam upaya pencegahan stunting. Kegiatan RGG mencakup kombinasi program-program spesifik dan sensitif untuk pencegahan dan penanganan stunting di Aceh.

Empat kegiatan utama Rumoh Gizi Gampong adalah 1). Memberikan edukasi gizi dan monitoring pertumbuhan dan konsumsi secara terstruktur pada kelompok risiko (bumil, ibu balita, remaja putri, dll), 2. Memberikan pelayanan gizi dan memastikan kelompok risiko mendapatkan layanan kesehatan dan gizi (PMT, suplementasi gizi, dll), 3. Meningkatkan ketahanañ dan keamanan pangan keluarga melalui pengembangan Rumah pangan lestari berbasis stunting (RPL-Stunting), serta 4. Pemberdayaan ekonomi keluarga.

Rumoh Gizi Gampong adalah milik gampong sehingga semua sektor (kesehatan, pertanian, ketahanan pangan, pkk, pemberdayaan perempuan, sosial, dan lainnya) dapat berkontribusi di dalam Rumoh Gizi Gampong ini sebagai ikhtiar untuk menurunkan angka kejadian stunting di Aceh. 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32