Orientasi Sistem Informasi Puskesmas (SIP) Dinas Kesehatan Aceh

Kategori : Berita Senin, 30 September 2019
Print Friendly and PDF
Orientasi Sistem Informasi Puskesmas (SIP) Tingkat Provinsi Aceh.
Orientasi Sistem Informasi Puskesmas (SIP) Tingkat Provinsi Aceh.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan peningkatan kapasitas pengelola SIK Dinas Kesehatan Kab/Kota dan petugas sp2tp puskesmas, Dinas Kesehtan Aceh menyelenggarakan pelatihan teknis SIKDA Generik 1.4 yang terintegrasi dengan aplikasi lain. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Taharuddin, SKM, M.Kes selaku Kasubbag kepegawaian dan umum Dinas Kesehatan Aceh.

Bapak Taharuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Pelatihan teknis sistem informasi puskesmas dengan aplikasi SIKDA Generik diharapkan dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta dapat mengimplementasikan aplikasi sikda generik versi 1.4 yang sudah bridging dengan p-care dan aplikasi lainnya.

Pertemuan dilaksanakan di Hotel Grand Arabia Banda Aceh selama 3 (tiga) hari dari tanggal 25 s/d 27 September 2019 dengan peserta dari Dinkes Provinsi Kab/Kota, dan puskesmas terpilih dengan tujuan utamanya adalah, refreshing dan pelatihan petugas dalam implementasi SIKDA Generik 1.4 di Kab/Kota dan Puskesmas.

Adapun tujuan lainnya dalam implementasi Sistem Informasi Puskesmas berbasis elektronik adalah untuk mendukung proses manajemen puskesmas, sehingga puskesmas dan dinas kesehatan Kab/Kota memiliki data yang akurat dalam pelaksanaan program kegiatan pembangunan kesehatan.

Data dan informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota. Pertemuan ini juga menghadirkan pemateri dari Pusat Data dan Informasi Kemenkes R.I yang dihadiri oleh Pak Boga Hardana selaku Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi dan Ibu Istiqomah sebagai analis sistem informasi.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32