Sambut Kemeriahan Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019, Sejumlah Kegiatan di Gelar

Kategori : Berita Rabu, 06 November 2019
Print Friendly and PDF
Mulai Baksos ke Sekolah Hingga Sepeda Santai
Mulai Baksos ke Sekolah Hingga Sepeda Santai

Banda Aceh (06/11/2019) - Untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke 55 Tahun 2019, yang jatuh pada tanggal 12 November 2019, Dinas Kesehatan Aceh telah menjadwalkan sejumlah kegiatan di Banda Aceh. Tahun ini adalah HKN yang ke 55. Generasi Sehat Indonesia Unggul merupakan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di akhir periode pembangunan 2015-2019 ini.

Pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai pemuncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa.

Peringatan HKN telah bergerak dari tahun ke tahun, menjadi rangkaian kegiatan yang tidak hanya dilaksanakan oleh jajaran kesehatan saja , tetapi juga ikut melibatkan pemerintah daerah,  organisasi masyarakat, akademisi, bahkan hingga sektor swasta. Dengan semakin banyak pihak terlibat, potensi untuk bergerak sinergis menjadi semakin besar, sehingga keunggulan bangsa melalui pembangunan kesehatan dapat dicapai.

Ketua Panitia Hari Kesehatan Nasional ke 55 Tahun 2019, dr. Abdul Fattah, MPPM, saat memimpin rapat Persiapan HKN ke 55 di Aula Teuku Umar Dinas Kesehatan Aceh memaparkan kepada media ini bahwa untuk memeriahkan HKN ke 55 ini yang jatuh pada tanggal 12 November 2019 ini Panitia berencana melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan yang  dimulai sejak Kamis (07/11/2019) Hingga Puncak Upacara hari Kesehatan Nasional yang bakal digelar 12 November 2019.

Abdul Fattah merincikan bahwa pada Kamis (07/11/2019), Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan sejumlah Organisasi Profesi Kesehatan akan menyelenggarakan bakti sosial di sejumlah sekolah yang ada di Banda Aceh. Mulai dari tingkat SD sampai dengan tingkat SMA.

Untuk tingkat SMA kegiatan direncanakan akan dimulai sejak pagi jam 08.00 WIB dan dipusatkan di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Ada 4 kegiatan utama yang akan dilaksanakan di SMA ini diantaranya adalah Kelas BHD, APAR dan Hand Hygiene (Tim IDI Kota Banda Aceh dan PSC 119 Dinkes Aceh), Kelas Pemeriksaan PTM Ruang Guru (Tim PTM Dinkes Aceh), Kelas Kespro pada siswa wanita di lantai 3 (IBI), Kelas THT (Komda PGPKT) dan pemberian Tablet Tambah darah Untuk siswi kelas 11 (Tim Puskesmas Meuraxa dan Dinkes Aceh) dan juga ada kegiatan Penyuluhan UKS (Tim UKS Provinsi dan Kota Banda Aceh).

Untuk jenjang SMP, kegiatan dipusatkan di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Ada sejumlah kegiatan yang direncanakan diantaranya adalah Kelas Pemeriksaan PTM (Tim PTM Dinkes Aceh), Hand Hygiene (Tim IDI Kota Banda Aceh dan Tim Kesling Dinkes Aceh), Penyuluhan UKS (Tim UKS Provinsi dan kota banda aceh), Pemberian tablet tambah darah untuk siswi kelas 8 yang dilakukan oleh Tim Puskesmas Meuraxa dan Tim Dinkes Aceh.

Sedangkan untuk jenjang Sekolah Dasar, kegiatan akan dipusatkan di SD Negeri 1 Banda Aceh. Untuk kegiatan di SD Negeri 1 Banda Aceh ini kegiatannnya direncanakan akan dilaksanakan pada Jumat (08/11/2019). Untuk Sekolah dasar kegiatannya sedikit berbeda dengan yang di SMP dan SMA. Di SD itu tidak ada pemberian Fe, karena pemberian Fe dikhususkan bagi remaja putri di Usia 12-18 tahun. Untuk kegiatan di SD Negeri 1 Banda ini diantaranya adalah Pemeriksaan PTM (Tim PTM Dinkes Aceh), Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan cerumen (Tim PGPKT), Hand Hygiene (Tim IDI Kota Banda Aceh dan Tim Kesling Dinkes Aceh) dan Penyuluhan Kesehatan untuk anak sekolah terutama terkait Penyuluhan UKS (yang dilakukan oleh Tim UKS Provinsi dan Banda Aceh). 

Pada  (Minggu, 10/11/2019), mulai dari jam 07.00 wib  juga akan ada event Senam Jantung Sehat dan Sepeda Santai yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur Aceh. Khusus untuk sepeda santai, itu start nya habis senam jantung sehat dan dilepas di halaman kantor gubernur Aceh, dan menyusuri rute, simpang mesra, alue naga, ke arah syiah kuala dan kembali ke kantor gubernur Aceh.

Senam dan sepeda santai ini terbuka untuk masyarakat umum dan diwajibkan untuk diikuti oleh  seluruh jajaran kesehatan, dan institusi kesehatan yang ada di Banda Aceh. Untuk memeriahkan acara ini panitia sudah menyiapkan doorprize menarik bagi peserta yang beruntung. 

Sedangkan untuk Puncak upacara HKN sendiri rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa  (12/11/2019) yang akan dipusatkan di halaman kantor gubernur Aceh di Banda Aceh.

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32