Jajaran Kesehatan Bakti Sosial di Aceh Selatan

(Tapaktuan, 15/02/2020) | Jajaran Kesehatan dari berbagai unsur melaksanakan bakti sosial bagi santri Dayah Darussalam, Labuhan Haji, Aceh Selatan (Sabtu, 15/02/2020). Bakti Sosial itu berupa Penyuluhan Kesehatan Dan Pengobatan Gratis bagi santri dayah tersebut.

Kegiatan Bakti sosial ini terlaksana berkat kerjasama jajaran kesehatan dari Dinas Kesehatan Aceh dengan Ikatan Dokter Indonesia, unsur Puskesmas, dinas kesehatan kabupaten aceh selatan dan Komda PGKT Aceh. 

Komda PGKT Aceh dalam bakti sosial ini melaksanakan sejumlah kegiatan yang meliputi pemeriksaan THT KL, penyuluhan kesehatan Telinga dan Tenggorokan, dan juga bersih-bersih telinga.

Pada kegiatan tersebut juga menghadirkan sejumlah dokter spesialis yang didatangkan dari Banda Aceh. Pantauan media ini, ada sejumlah dokter spesialis yang tampak memberikan pelayanan kesehatan kepada santri dayah tersebut, diantaranya adalah dokter spesialis kulit, dokter obgyn, spesialis anak dan dokter penyakit kulit. 

Disamping itu juga tersedia layanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Dari wawancara yang dilakukan kepada dokter spesialis kulit yang bertugas, banyak santri yang mengeluh gatal-gatal dan scabies. Sampai layanan berakhir pada siang hari, ada seratusan pasien yang berhasil diperiksa spesialis kulit ini, dengan kasus dominan adalah scabies/gatal-gatal.

Dyah Ingatkan Santri untuk terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Pada bakti sosial tersebut, juga sempat dikunjungi oleh ibu wakil TP-PKK Aceh beserta rombongan. Dalam kesempatan tersebut, ibu Dyah Erti Idawati mengingatkan santri untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Di samping itu Dyah juga berpesan kepada santri untuk sering-sering cuci tangan pakai sabun.

Dyah juga berpesan kepada santri untuk tetap menjaga kesehatan, dan makan makanan bergizi. "Jaga asupan gizi yg cukup, saat makan perbanyak konsumsi sayur dan buah, disamping itu asupan protein juga  harus tercukupi, terutama protein yang berasal dari ikan. Santri juga harus banyak konsumsi ikan, agar semakin semangat belajar", ujarnya. 

 

👁 512 kali

Berita Terkait