Dinkes Aceh Semprot Disinfektan di Dua Jalan Protokol

Kategori : Berita Kamis, 26 Maret 2020
Print Friendly and PDF
Penyemprotan di Rumah Sakit Jiwa Aceh
Penyemprotan di Rumah Sakit Jiwa Aceh

(Banda Aceh, 26/03/2020)| Pemerintah Aceh melalui Dinas Kesehatan menyemprotkan disinfektan di jalan-jalan protokol utama, di jalan T. Nyak Arief dan jalan Tgk. Daoed Beureueh (Rabu, 25/03/2020). Proses penyemprotan zat cair pembunuh bakteri dan virus tersebut dibantu langsung tenaa pengamanan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh, Ferdiyus, SKM, M.Kes mengatakan, penyemprotan dijalan protokol tersebut dilakukan sesuai dengan arahah dari Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT.

Pihaknya melakukan penyemprotan mulai dari arah Lampriet hingga Jamboe Tape, dan selanjutnya beputar ke arah Simpang Lima Banda Aceh. Personil yang khusus menangani kesehatan lingkungan itu, juga menyemprotkan dari arah berlawanan dan berakhir kembali dikawasan Lampriet. 

Ferdiyus menambahkan sudah tiga malam melakukan penyemprotan disinfektan dibeberapa fasilitas publik, dan hari ini dilakukan di dua jalan protokol, untuk selanjutnya akan diperluas ke jalan Pocut Baren dan Peunayong.

Sebelumnya Dinas Kesehatan juga memutuskan untuk mengirimkan masker untuk tenaga medis di seluruh Aceh. Hal ini dilakukan karena banyak tenaga medis yang berada di garda terdepan dalam penanganan COVID-19 dilaporkan kekurangan APD dan Masker, tambah Ferdiyus.

Gedung Dewan dan Rumah Sakit Jiwa Aceh juga disemprot 

Rabu kemarin (25/03/2020) tim Dinas Kesehatan Aceh juga terpantau melakukan penyemprotan disinfektan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh. Penyemprotan disinfektan dilakukan menyeluruh sampai kesemua ruangan yang ada di dalam gedung wakil rakyat itu. Semua perabotan yang ada dalam ruangan juga tidak luput dari perhatian petugas.  Selain di Gedung Dewan, penyemprotan disinfektan juga terpantau dilakukan dilingkungan Rumah Sakit Jiwa Aceh.

Sebelumnya dilaporkan Dinas Kesehatan Aceh  bekerja sama dengan pemko Banda Aceh juga sudah melakukan  penyemprotan disinfektan  disejumlah lokasi, diantaranya lingkungan fasilitas Kesehatan yang ada di Banda Aceh, dan juga sejumlah sarana umum lainnya.

Penyemprotan disenfektan ini menggunakan dua unit truk tanki BPBD Banda Aceh, dilakukan pada Minggu malam (22/03/2020) sejak pukul 21.00 hingga dini hari, pada beberapa kantor yang tetap aktif melayani dan dikunjungi masyarakat. 

“Dinas Kesehatan menyediakan klorit yang digunakan sebagai bahan desinfektan. Sedangkan penyemprotan menggunakan mobil BPBD Pemko Banda Aceh. Kita lakukan penyemprotan pada sejumlah tempat, diantaranya di Rumah sakit yang ada di Banda Aceh, di Rumah Sakit Umum Daerah Zaenal Abidin (RSUDZA), Banda Aceh, Rumah sakit kesdam, dan RS Meuraxa, Banda Aceh”, sebut Edi Hidatsyah, kasie Kesling dan kesjaor Dinkes Aceh  yang mengkoordinir tim kesling saat melakukan penyemprotan Minggu malam (22/03/2020). 

Selain melakukan penyemprotan disejumlah fasilitas Kesehatan yang ada di Banda Aceh, tim juga melakukan penyemprotan di pasar, mulai dari pasar Aceh, pasar buah, hingga ke Pasar Ikan Peunayong.

Penyemprotan juga dilakukan pada tempat-tempat umum lainnya, diantaranya adalah di seputar Blang Padang dan beberapa tempat-tempat umum lainnya.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32