Pasien Covid-19 Sembuh Bertambah 21 Orang, Kasus Baru Delapan Orang di Aceh

Kategori : Berita Jumat, 26 Februari 2021
Print Friendly and PDF
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani

(Banda Aceh, 26/01/2021)—Pasien penderita penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sembuh dari perawatan rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri bertambah lagi  21 orang di Aceh. Kasus sembuh secara akumulatif sudah mencapai 7.812 orang. Sementara itu, delapan warga dilaporkan positif terinfeksi sebagai kasus baru Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani melalui rilis rutinnya kepada awak media massa di Banda Aceh, Jumat, 26 Februari 2021.

“Para penyintas baru yang sembuh dari Covid-19 kali ini paling banyak dari Kabupaten Aceh Besar, 10 orang,” kata pria yang akrab disapa SAG tersebut.

Ia menjelaskan, selain 10 orang warga Aceh Besar yang dilaporkan sudah sembuh, ada warga Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak lima orang, dan warga Kota Banda Aceh sebanyak dua orang, Sedangkan empat lainnya masing-masing satu orang meliputi warga Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Barat, dan satu orang warga luar daerah.

Kasus-kasus baru penderita Covid-19 di Aceh dalam 24 jam terakhir meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak tiga orang, warga Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Utara masing-masing dua orang, dan satu orang lagi merupakan warga Kabupaten Gayo Lues, rinci SAG.

“Setiap ada satu kasus konfirmasi Covid-19 maka diperkirakan 30 orang kontak eratnya yang kemungkinan sudah terinfeksi dengan virus corona yang sedang ditelusuri oleh petugas kesehatan,” katanya.

SAG pun menghimbau semua lapisan masyarakat untuk mendukung proses tracing kasus kontak erat yang dilakukan petugas. Keluarga maupun masyarakat harus membuka diri dan melapor kepada petugas kesehatan apabila merasa pernah berinteraksi secara dekat dengan orang yang positif Covid-19.

Kasus akumulatif

Selanjutnya, SAG mengabarkan perkembangan terakhir kasus Covid-19 di Aceh. Secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh sudat tercatat sebanyak 9.531  kasus/orang. Para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 7.812 orang. Penderita dalam perawatan sebanyak 1.338 orang, dan kasus meninggal dunia sebanyak 381 orang. 

Lebih lanjut, SAG merinci kasus-kasus probable di Aceh, yaitu  sebanyak 670 orang. Sebanyak 599 orang sudah selesai isolasi, 12 orang sedang isolasi di rumah sakit, dan 59 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19.

Sementara kasus-kasus suspek secara akumuasi sudah mencapai 6.958 orang. Sebanyak 6.802 orang selesai isolasi, 105 isolasi mandiri di rumahnya, dan sebanyak 51 orang sedang isolasi di rumah sakit, tutup SAG[]

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32