Sambut HKN ke 58, Dinkes Aceh Adakan Serangkaian Kegiatan, Mulai Dari Baksos Hingga Gowes Edukasi

Kategori : Berita Sabtu, 05 November 2022
Print Friendly and PDF
Flyer Rangkaian Kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke -58 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Aceh
Flyer Rangkaian Kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke -58 Tahun 2022 Tingkat Provinsi Aceh

(Banda Aceh, 5/11) -- Dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, ya g jatuh pada tanggal 12 November 2022, Pemerintah Aceh dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Aceh akan melaksanakan sejumlah kegiatan.

Dari Flyer agenda kegiatan yang diterima redaksi media ini, kegiatan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke 58 tahun ini mulai digelar Minggu besok (06/11). Mulai dari Bakti sosial yang dipusatkan di Gampong Lampanah Lengah, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar hingga gowes bersama masyarakat umum, yang akan mengambil start di halaman Dinkes Aceh dan aman Finish di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh.

Koordinator Kegiatan Baksos, dr. Rais, mengatakan bahwa kegiatan Bakti Sosial yang akan dilaksanakan pada Minggu (6/11) besok di Lampanah Lengah Aceh Besar, bertajuk Pelayanan Kesehatan Spesialis Untuk Masyarakat Pinggiran. Pada kegiatan Baksos ini, Dinas Kesehatan Aceh bekerjasama dengan sejumlah pihak diantaranya ARSADA Wilayah Aceh, IDI Cabang Kota Banda Aceh, PAPDI Aceh, PERHATI KL, KOMDA PGPKT dan IDAI Aceh, mengerahkan sejumlah dokter spesialis, dokter umum dan tenaga kesehatan lainnya ke lokasi Baksos. 

Dilokasi baksos juga sudah disiapkan beberapa pohon untuk ditanam dilokasi, dan pembagian Waqaf Al-Quran dan Juz Amma bagi anak-anak di Balai Pengajian di lokasi yang dituju.

Selain kegiatan Baksos, pada Minggu besok (6/11) juga ada kegiatan bersepeda (Gowes bareng). Kegiatan bersepeda (Gowes Bareng) ini bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Cabang Aceh dengan para goweser yang tergabung dalam komunitas Mountain Bike Koetaradja (MTBKr).

Tujuannya untuk edukasi Bantuan Hidup Dasar Kesehatan Jantung. Setelah kegiatan gowes bareng mencapai titik Finish di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, para goweser ini akan mendapatkan edukasi tentang kesehatan jantung dan edukasi cara memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Jika ada pesepeda yang "jatuh" karena masalah jantung saat bersepeda nantinya teman-teman yang sudah mendapatkan edukasi BHD ini bisa memberikan pertolongan pertama dengan ilmu yang diperoleh dari edukasi ini. Bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam kegiatan Gowes Bareng ini, Minggu besok (6/11) bisa berkumpul dihalaman Dinkes Aceh mulai jam 07.00 Wib.

Peringatan HKN ke-58 tahun ini juga diisi dengan kegiatan donor darah yang dipusatkan di Lobi Utama Kantor Kesehatan pada Senin (7/11) mendatang.

Agenda selanjutnya adalah Senam Bersama dan aneka lomba yang akan dilaksanakan pada Minggu (13/11) di arena Car Free Day dan halaman Gedung Bapelkes Aceh.

Sedangkan untuk Puncak Peringatan Upacara HKN ke-58 tingkat Provinsi Aceh tahun ini akan dilaksankan pada Senin, 14 November 2022.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengusung tema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku. Tema ini dipilih seiring dengan transisi dari pandemi ke endemi untuk mengungkapkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat Indonesia terlepas dari pandemi.

Melalui peringatan HKN ke-58 di tahun 2022 ini dapat djadikan momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat yang akan mampu menghadapi goncangan seperti pandemi yang baru saja dialami oleh warga Indonesia. Semoga.

 

👁 1063 Kali

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32