Hari Kesehatan Nasional ke-58 : Momentum Ingatkan Masyarakat akan Kesehatan

Kategori : Berita Selasa, 08 November 2022
Print Friendly and PDF
Ilustrasi Senam Lansia
Ilustrasi Senam Lansia

(Jakarta, 8/11) --Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun. Berkaitan dengan pandemi COVID-19, HKN kali ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan HKN kali ini merupakan HKN yang ke-58. Arahnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai kesehatan.

“Ini adalah HKN ke-58 nanti tanggal 12 November. Ini arahnya kepada kita ingin menunjukkan bahwa memang pada saat kondisi terburuk kita harus bangkit kembali, kita harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat,” ujar Sekjen Kunta pada konferensi pers HKN ke-58 di gedung Kemenkes, Jakarta, Selasa (8/11).

HKN tahun hari mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’

Dikatakan Sekjen Kunta, saat ini adalah yang paling tepat melakukan reformasi atau perubahan-perubahan. HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan masyarakat.

Hal itu dilakukan melalui transformasi kesehatan dengan 6 pilar antara lain transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan.

Rangkaian kegiatan HKN ke-58 dimulai pada Rabu (2/11) dengan agenda tabur bunga di makam pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para mantan menteri kesehatan, mantan Sekjen dan mantan Dirjen di Kementerian Kesehatan dalam membangun kesehatan Indonesia.

Pada Sabtu (5/11) digelar pameran pembangunan kesehatan di ICE BSD Tangerang. Pameran ini bertujuan mengenalkan industri kesehatan dalam negeri serta produk-produk dan program-program kesehatan.

Tanggal 11 November 2022 akan dilakukan pemberian penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan. Penghargaan ini diberikan atas pengabdian, prestasi, kerja, inovasi, dan peran aktif tenaga kesehatan dalam mendorong keberhasilan pembangunan kesehatan.

Hal ini difokuskan kepada tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas mulai dari dokter, dokter gigi, perawat, tenaga farmasi, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, dan ahli teknologi laboratorium medik.

Puncak HKN ke-58 pada tanggal 12 November 2022 akan digelar upacara HKN yang akan dilakukan di lapangan upacara Kemenkes. Kemudian tanggal 13 November akan dihelat public health fair yang akan dilaksanakan di car free day.

“Kita ingin sama-sama masyarakat untuk melakukan olahraga bersama, memberikan pelayanan dan informasi. Intinya kita ingin masyarakat Indonesia hidup sehat, kita ingin mengubah dari kuratif jadi promotif preventif,” ungkap Sekjen Kunta.

 

👁 539 Kali

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32