Kunjungi Aceh, Menkes Budi Canangkan Sub-PIN Polio Aceh

Kategori : Berita Senin, 05 Desember 2022
Print Friendly and PDF
Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin Mengunjungi ke Aceh Untuk Mencanangkan Kegiatan Sub- Pekan Imunisasi Nasional di Anjong Mon Mata, Banda Aceh pada Senin (5/12).
Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin Mengunjungi ke Aceh Untuk Mencanangkan Kegiatan Sub- Pekan Imunisasi Nasional di Anjong Mon Mata, Banda Aceh pada Senin (5/12).

(Banda Aceh, 5/12) -- Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin berkunjung ke Provinsi Aceh untuk mencanangkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) sebagai respons atas Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di Aceh.

Menkes tiba di Banda Aceh sekitar pukul 11.30 WIB dan langsung menuju ke tempat pencanangan Sub PIN polio yang berlangsung di Anjong Mon Mata Pendopo Gubernur Aceh, pada Senin (5/12).

Acara di Anjong Mon Mata ini berlangsung secara luring dan daring. Di Anjong Mon Mata, peserta yang hadir berasal dari unsur Forkompinda, Unsur Pemda seluruh Aceh, para Kadinkes kab/kota, kadis pendidikan, dan kepala badan pendidikan dayah seluruh Aceh, perwakilan organisasi profesi kesehatan, Unicef, WHO dan unsur terkait lainnya.

Sedangkan secara daring, kegiatan tersebut juga diikuti oleh para kepala Puskesmas, Kepala Sekolah dan Camat di seluruh Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Hanif mengatakan pelaksanaan Sub PIN polio dilakukan sebagai respon terhadap kejadian luar biasa Polio di Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie.

"Pelaksanaan Sub PIN di Pidie telah lebih dulu dilakukan oleh Pj Bupati Pidie di Pidie, yang turut hadir Dirjen P2P Kementerian Kesehatan," kata Hanif.

"Sampai hari ini, di Pidie, imunisasi sudah mencapai 79,5 persen. Dan InsyaAllah, sisanya dalam seminggu dua Minggu ini akan kita lakukan sweeping Pak Menteri. Mudah-mudahan target 95 persen bisa tercapai", sebut Hanif saat memberi sambutan pada acara tersebut.

Sub PIN polio di Aceh menyasar anak-anak Aceh usia 0-12 tahun, dengan total sasaran 1,2 juta anak Aceh dengan target capaian 95 persen.

Untuk menyukseskan Sub-PIN Polio di Aceh, Gubernur Aceh juga sudah mengeluarkan Surat keputusan Gubernur tentang penetapan KLB Polio di Aceh. Disamping itu, juga sudah diterbitkan Instruksi Gubernur tentang pelaksanaan Sub-PIN Polio di Aceh.

Sementara itu, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota dan unsur terkait lainnya untuk menyukseskan Sub PIN polio di Tanah Rencong.

"Saya imbau untuk melaksanakan secara serius Sub PIN polio sehingga pencapaian 95 persen dapat tercapai," ujarnya.

Minta Orang tua Pastikan Anaknya diimunisasi

Menkes Budi, dalam arahannya meminta kepada semua orang tua untuk memastikan anaknya sudah mendapat imunisasi untuk mencegah dari penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi termasuk Polio yang saat ini sedang KLB di Aceh.

Polio pada tahun ini muncul kembali, termasuk di 3 negara maju, yang mungkin teman-teman tidak menduga, termasuk di Amerika Serikat, Inggris dan Israel.

"Setelah diteliti oleh para ahli, ternyata penyebab muncul kembali virus polio ini adalah karena cakupan imunisasi polionya yang rendah. Aceh cakupan imunisasi polionya memang bukan yang terendah. Tapi termasuk kategori rendah", sebut Budi.

"Ibu-ibu pernah lihat nggak anak yang kena polio itu seperti apa. Sedih kita. Pastikan anaknya mendapat imunisasi", harap Menkes.

Menkes Budi optimis kegiatan Sub-PIN Polio ini akan berhasil di Aceh. Ia mencontohkan keberhasilan Indonesia dalam menjalankan imunisasi Covid-19 yang bahkan pernah mencapai angka 2,2 juta dosis satu hari patut dijadikan contoh.

Menkes juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan kegiatan Sub-PIN Polio ini. Terutama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi ini.

"Pastikan semua anak mendapat imunisasi lengkap. Jangan sampai ada lagi anak-anak Aceh yang terkena Polio", harap Budi.

 

👁 1208 Kali

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32