Darwati Ajak Masyarakat Aceh Budayakan Pola Hidup Sehat

Kategori : Berita Sabtu, 06 Januari 2018
Print Friendly and PDF
Saat menerima kunjungan Tim Kemenkes di Pendopo

Banda Aceh – Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Darwati A. Gani, mengatakan pola hidup tidak sehat membuat banyak masyarakat Aceh terjangkit penyakit tidak menular. Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat membudayakan pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit.

Salah satu penyakit yang diderita masyarakat Aceh seperti diabetes, bersumber dari makanan yang sangat berlemak. Namun demikian Darwati mengakui, susah menghilangkan budaya menyantap masakan Aceh yang terkenal sangat enak dan enak sekali.
Salah satu pola menghindari penyakit tidak menular tersebut, adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Karenanya, Darwati mengajak seluruh anggota PKK di Aceh untuk mensosialisasikan menanam sayuran di pekarangan rumah.
“Kita harus mulai dari pekarangan kantor kita. Beri contoh pada masyarakat,” ujar Darwati saat menerima kunjungan pihak Kementerian Kesehatan di Pendapa Gubernur Aceh, Jumat 05/01/2018.

Namun demikian, ada sebuah kemajuan yang bisa disebut sebagai tren baru di Aceh. Di mana, banyak warung-warung kopi yang menyajikan minuman dengan pemisahan gula. Hal itu tentu menjadi salah satu jalan menghindari terjangkitnya penyakit tidak menular bagi penikmat kopi dan teh.

Sementara Lily S. Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Indonesia, mengajak PKK Aceh untuk berperan aktif membudayakan perilaku hidup sehat di berbagai tatanan kehidupan.

Lily meminta agar PKK Aceh bisa membuat Pospindu (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di setiap desa di Aceh. Dengan demikian sosialisasi bahaya penyakit tidak menular bisa diterima oleh seluruh masyarakat Aceh. “Apa yang kita lakukan supaya masyarakat Aceh bisa lebih sehat,” kata Lily.

Pada pertemuan tersebut Tim Kemenkes juga ikut menyerahkan 1 Set alat screening Penyakit Tidak Menular kepada Tim Penggersk PKK Aceh yang langsung diterima oleh Ketua TP PKK Aceh Ibu Darwati A. Gani. 

Setelah pertemuan di Pendopo Gubernur Aceh,  Pada Jumat Sore (05/01/2017) rombongan juga meninjau salah satu Posbindu PTM yang ada di Gampong Nusa,  Kecamatan Lhoknga,  Aceh Besar. Tim Kemenkes didampingi oleh Istri Wakil Gubernur Aceh, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, melakukan peninjauan ke salah satu Posbindu PTM yang ada di kabupaten Aceh Besar. Ikut dalam rombongan Kadis Kesehatan Aceh, Kadis Kesehatan Aceh Besar, dan tim dari Puskesmas Lhoknga. 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32