Tinjau Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di Kluet Tengah, Ayu Marzuki Ajak Ibu Hamil Manfaatkan Buku Pink

Ayu Marzuki, didampingi oleh Kadinkes Aceh, dr. Hanif saat meninjau pelayanan kesehatan gratis kepada warga di Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah pada Senin (7/8-2023).
Ayu Marzuki, didampingi oleh Kadinkes Aceh, dr. Hanif saat meninjau pelayanan kesehatan gratis kepada warga di Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah pada Senin (7/8-2023).

(Tapaktuan, 7/8) -- Dari Aceh Selatan dilaporkan, disela-sela kunjungan kerja dalam rangka pembinaan desa Gammawar di Desa Koto, Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Pj. Ketua TP-PKK Aceh juga menyempatkan diri untuk berkunjung dan meninjau lokasi Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan gratis kepada warga disana yang dipusatkan di Balai Desa setempat.

Kunjungan Ayu Marzuki ini juga didukung penuh oleh Dinas Kesehatan Provinsi Aceh yang mengadakan bakti sosial dan pemeriksaan kesehatan untuk warga di sini.

Saat meninjau lokasi Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan gratis ini, Ayu Marzuki, ditemani oleh Kadinkes Aceh, dr. Hanif dan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Aceh, dr. Yuanita Ananda, M.Kes.

Dilokasi pengobatan gratis ini, Ayu Marzuki sempat berdialog dengan para ibu hamil yang datang ke lokasi guna memeriksakan kesehatan kehamilannya menggunakan alat USG portabel yang dibawa dari Banda Aceh ke lokasi.

Disini para ibu hamil yang datang satu per satu diperiksa keadaan kehamilan secara teliti oleh dokter Ahli kandungan dan Penyakit Kebidanan atau yang lebih dikenal dengan dokter spesialis Obgyn.

Dalam kesempatan tersebut Ayu, berpesan kepada para ibu hamil untuk memanfaatkan buku pink atau buku KIA dengan baik. Menurutnya banyak sekali informasi penting tentang kesehatan ibu dan anak, termasuk tentang kehamilan yang terdapat di dalam buku KIA atau buku pink ini.

"Buku pink ini selalu dibawa dan dibaca-baca ya Bu. Jangan ditinggal sama bu Bidan. Banyak informasi kesehatan yang perlu diketahui didalamnya, apalagi bagi ibu hamil. Buku pink ini sangat besar manfaatnya bagi ibu", ujar Ayu, memotivasi para ibu hamil yang sedang antri untuk konsultasi dengan dokter Obgyn untuk memeriksa kehamilannya dengan USG di lokasi.

Hal ini ucapkan Ayu setelah mengetahui salah satu ibu hamil yang kedapatan tidak membawa buku pink saat datang berobat. Saat ditanya alasannya, ibu hamil tersebut menyebutkan jika buku pink yang dia punya, disimpan sama Bu Bidan.

Selain, mengunjungi ibu hamil, Ayu juga berkeliling meninjau pelayanan kesehatan gratis kepada warga di desa Koto tersebut. Mulai dari pelayanan kesehatan yang diberikan oleh dokter spesialis gigi dan mulut, dokter spesialis anak, spesialis THT, hingga spesialis penyakit dalam.

Pelayanan kesehatan ini tampak antusias dikunjungi warga yang datang berobat dilokasi. Ia juga terpantau sempat membagikan handuk kepada ibu hamil yang datang berobat dan juga membagikan sikat gigi dan odol kepada anak-anak dilokasi pengobatan.

👁 1556 kali

Berita Terkait