SAPAT 119, Aplikasi Berbasis Android Saat Butuh Bantuan Kegawatdaruratan

Kategori : Informasi Sabtu, 08 Juli 2017

Perkembangan teknologi komunikasi kini sudah sangat pesat, serta perkembangan teknologi dalam beberapa aspek sudah mengubah pola kehidupan masyarakat.  Contoh nyata hasil perkembangan teknologi komunikasi ialah munculnya telepon genggam (handphone). Pada masa saat ini penggunaan handphone bukanlah hal aneh karena hampir semua penduduk Indonesia sudah menggunakan handphone dalam kesehariannya.

Namun alat komunikasi jarak jauh tersebut juga mengalami kemajuan teknologi yang sangat pesat. Handphone sudah beralih fungsi dari alat komunikasi jarak jauh menjadi sebuah benda yang sangat pintar yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan oleh sipenggunanya. Dalam era digital sekarang ini handphone telah berubah fungsi menjadi smartphone dan penggunaan smartphone seakan sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan modern sekarang ini. Bagi pengguna smartphone yang berbasis android pastinya sudah cukup banyak tersedia aplikasi yang diinstal pengguna untuk memudahkan mobilitasnya. 

Nah, baru-baru ini, UPTD P2KK Dinas Kesehatan Aceh, meluncurkan sebuah aplikasi berbasis android yang disebut dengan SAPAT 119.

Apa itu SAPAT 119...???

SAPAT 119 adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Layanan Ambulans Terpadu. SAPAT 119 adalah sebuah sitem perangkat lunak berbasis android yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan layanan ambulans gawatdarurat secara terpadu, dengan hanya cukup mengakses nomor 119 dari smartphone anda. Jadi SAPAT 119 adalah aplikasi yang mengumpulkan PSC se-Aceh dengan cukup mengakses 119.

Dengan menggunakan aplikasi SAPAT 119 di smartphone, Anda bisa menghubungi PSC 119 P2KK Aceh untuk meminta bantuan Ambulans (pada kasus gawat darurat medis), polisi (pada kasus kecelakaan),  SAR (pada kasus tenggelam atau bencana alam), dan DAMKAR (pada kasus kebakaran).

Langkah Penggunaan Aplikasi SAPAT 119

Khairul Abidin, SKM, M.Kes yang saat ini menjadi koordinator PSC 119 menjelaskan bahwa untuk dapat menggunakan aplikasi ini sama seperti semua aplikasi berbasis android lainnya, sebelum dapat digunakan, pengguna harus mengunduh aplikasi SAPAT 119 melalui playstore/Google Play. Anda bisa menggunakan kata kunci atau ketik SAPAT 119 atau Aceh Emergency Service atau PSC 119 Aceh atau bisa langsung klik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.aceh.psc119.psc119aceh

Setelah pengunduhan selesai dan proses penginstalan aplikasi selesai dilakukan, maka pengguna dapat membuka aplikasi android yang telah diunduh dihandphonenya.

"Selanjutnya pengguna akan diminta untuk mengaktifkan GPS/Lokasi dihandphonenya. Setelah lokasi berhasil ditemukan maka dilayar aplikasi akan muncul 4 pilihan tombol yaitu Ambulans (untuk kasus gawat darurat medis), polisi (untuk kasus kecelakaan), SAR (untuk kasus tenggelam atau bencana alam), dan DAMKAR (untuk kasus kebakaran)", lanjut Khairul Abidin itu.

Ketika pengguna mengklik salah satu tombol di aplikasi android itu tadi maka server akan mengaktifkan suara sirine. Setelah sirine aktif dan berbunyi maka agent yang bertugas di call center akan melakukan verifikasi terhadap panggilan yang masuk. Agent melakukan verifikasi dengan menghubungi kembali pengguna/masyarakat ke nomor handphone yang terbaca pada aplikasi SAPAT 119.

Disini petugas di call center akan bertanya mengenai identitas pelapor dan rincian kejadian yang dilaporkan. Setelah proses verifikasi selesai dilakukan dan dipastikan bahwa kasus yang dilaporkan itu memang benar-benar sebuah kejadian gawat darurat maka langkah selanjutnya adalah agent di call center akan memerintahkan kepada unit terkait untuk memberi bantuan. Selanjutnya sambil menunggu bantuan datang, Agent akan melakukan bimbingan kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan sesuai dengan kasus yang dialami di lapangan. 

"Jadi ringkasnya alur penggunaan layananan  Aplikasi SAPAT 119 ini adalah begitu ada panggilan dari masyarakat, diterima oleh call center, Diteruskan ke POS Ambulans/SAR/ Damkar/Polisi. Kemudian petugas di pos atau petugas ambulans/unit terkait akan mendapatkan pesan berupa nama pasien, lokasi (koordinat), dan keterangan kejadian. Selanjutnya petugas ambulans/unit yang di Pos itu tadi akan meluncur ke TKP terkait dengan mencari lokasi pasien sesuai dengan koordinat yang telah dikirim oleh call center", jelas Khairul Abidin santai.

Selain dari hal-hal yang sudah dijelaskan di atas, melalui aplikasi SAPAT 119 pengguna juga bisa mendapatkan informasi lainnya seperti raport kasus, data tempat tidur di Rumah Sakit jejaring, dan Informasi stok Darah. Selain itu anda juga bisa membaca artikel dan berita menarik yang terkait dengan layanan PSC 119. 

Untuk tutorial lengkap mengenai Sistem Aplikasi Pelayanan Ambulans Terpadu Berbasis Android “SAPAT 119” silahkan mengunduh Buku Petunjuk Operasional penggunaannya disini.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32