Dinas Kesehatan Aceh Ikut Meriahkan Peringatan Aceh World Clean up Day

Kegiatan Apel World Clean up Day & Gotong Royong Membersihkan Pantai di  Titik Nol Kilometer Kota Banda Aceh
Kegiatan Apel World Clean up Day & Gotong Royong Membersihkan Pantai di Titik Nol Kilometer Kota Banda Aceh

(BANDA ACEH) -- Dinas Kesehatan Aceh ikut berpartisipasi pada puncak peringatan Aceh World Clean up Day, yang pada Sabtu ini (23/09/2023) mengadakan Apel dan gotong royong membersihkan pantai yang dipusatkan di titik Kilometer Nol Kampong Jawa, Kota Banda Aceh.

Pada kegiatan ini Dinas Kesehatan Aceh mengikutsertakan seluruh pejabat struktural dan sub koordinator untuk menyukseskan acara tersebut.

World Cleanup Day merupakan aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah. 

Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki saat membuka kegiatan tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bijak dan membudayakan pengelolaan sampah. Salah satunya adalah dengan mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai.

“Mulai hari ini mari kita budayakan bagaimana secara bersama kita mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta menjaga kelestarian lingkungan,” kata Achmad Marzuki.

Usai memberi sambutan, Achmad Marzuki bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh dan para relawan melakukan aksi pungut sampah di sekitar lokasi acara.

WCD merupakan aksi bersih-bersih secara serentak di dunia, dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai bangsa untuk pada saat bersamaan membersihkan bumi dari sampah.

Kegiatan ini diinisiasi oleh organisasi masyarakat di Estonia yang disebut Let’s Do It pada tahun 2008. Saat ini, kegiatan ini telah menjadikan Gerakan Global yang diikuti oleh 193 negara.

Kegiatan WCD Tahun 2023 ini mempunyai Visi ‘Bumi yang bebas dari masalah isu persampahan’ dan Misi ‘Menyelesaikan krisis sampah yang mencemari lingkungan dengan mengerakkan jutaan masyarakat untuk melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan."

Sebelum pelaksanaan puncak World Clean up Day pada hari ini, pada Jumat kemarin (22/09), seluruh ASN Dinas Kesehatan Aceh juga melakukan aksi gotong royong bersama di lingkungan Dinas Kesehatan.

Aksi ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Aceh tertanggal 19 September 2023 untuk ikut memeriahkan rangkaian kegiatan World Clean up Day di Aceh.

Pada Jumat Kemarin (22/09), Kadinkes Aceh, dr. Munawar, Sp. OG (K), bersama seluruh pegawai Dinas Kesehatan Aceh terpantau ikut melakukan bersih-bersih lingkungan di kantor Dinas Kesehatan Aceh.

👁 406 kali

Berita Terkait