Pelatihan Tenaga Kesehatan Dalam Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Provinsi Aceh

Remaja merupakan investasi masa depan bangsa karena mereka merupakan generasi penerus yang produktif dan sangat berharga bagi kelangsungan pembangunan dimasa mendatang. Namun dewasa ini permasalahan remaja sangat kompleks. Data riskesdas tahun 2010 menunjukan prevalensi umur perkawinan yang terbanyak terjadi pada umur 15-19 tahun yaitu sebesar 41.9% dan sebanyak 16.7% ibu melahirkan berada pada umur terlalu muda (

Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) meupakan salah satu strategi dalam mengupayakan kesehatan remaja secara optimal melalui penyediaan pelayanan kesehatan remaja yang berkualitas di Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya.

Tenaga Kesehatan harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang tepat sesuai dengan kebutuhan remaja. Sehingga dapat membantu remaja dalam menghadapi masalah kesehatan, salah satu upaya peningkatan kompetensi tersebut adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) bagi tenaga kesehatan.

Dinas Kesehatan Aceh, Seksi KIA dan Gizi, Program Kesehatan Anak Melaksanakan Pelatihan PKPR di Hotel Grand Nanggroe yang berlangsung dari tanggal 8 s.d 11 September 2015, di Buka oleh Kasie KIA dan Gizi Dinkes Aceh Ibu Erlindawati, SKM, MPHM. dengan jumlah Peserta 23 orang berasal dari 17 Kab/Kota baik dari pengelola PKPR di Puskesmas dan Pengelola PKPR di Dinkes Kab/Kota (Dinkes Aceh Singkil, Puskesmas Danau Paris, Puskesmas Lhok Bengkuang, Puskesmas Kuala Ba'u, Puskesmas Lawe Perbunga, Puskesmas Lawe Sigala-gala, Puskesmas Peureulak Barat, Puskesmas Jeumpa, Puskesmas Reubee, Puskesmas Jeumpa Aceh Utara, Dinkes Kab. Aceh Utara, Puskesmas As. Pinang, Puskesmas Rikit Gaib, Puskesmas Alue Bilie, Puskesmas Bandar, Puskesmas Ulim, Puskesmas Jaboi, Puskesmas Iboih, Puskesmas Langsa Timur, Dinkes Kota Lhokseumawe, Puskesmas Simpang Kiri, Puskesmas Sultan Daulat, dan Puskesmas Baiturrahman).

Narasumber didatangkan dari berbagai Lintas Sektor terdiri dari dr. Prita Amelia Siregar Ka. Puskesmas Kuta Alam, dr. Emiralda, M.Kes Wadir Pelayanan RS Meuraxa, Sakinah SKM, MPH Dinas Kesehatan Aceh, dr.drh. Anwar Dinkes Aceh, dr. Arifdian BNN Aceh, Yulia Direzkia, M.Si, Psikolog Psikolog Klinis RS Jiwa B. Aceh, Ns. Dewi Marianthi, SKP, M.Kep Poltekes Aceh, Ns. Wirda Hayati, M.Kep, Sp.Kom Poltekes Aceh dan Susi Hariyanti, SKM Dinkes Aceh.

Materi yang disampaikan antara lain Pedoman Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Puskesmas, Tumbuh Kembang Remaja, Penyalahgunaan Napza, Kespro Remaja, HIV/AIDS, IMS/Infeksi Saluran Reproduksi, Pengenalan Konsep Gender, Tekhnik Konseling, Peran RS dalam Pelayanan PKPR, Jejaring PKPR dan Pencatatan dan Pelaporan PKPR.

Penutupan Pelatihan pada hari Jumat tanggal 11 September 2015 pukul 11.30 WIB, ditutup oleh Kepala Seksi KIA dan Gizi Dinkes Aceh, dan Peserta kembali ke daerah masing-masing.

👁 1060 kali

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi komentar