Di Keunekai, Sabang, Dokter Spesialis THT Layani 50 Pasien, Dokter Gigi Tangani 27 Pasien

Kategori : Berita Kamis, 09 September 2021
Print Friendly and PDF
dr. Azwar Abdullah, Sp. THT-KL FICS, salah seorang dokter spesialis THT dan KL yang tergabung dalam tim Pengobatan. Kesehatan Bergerak, Daerah Terpencil,  Perbatasan dan Kepulauan, Dinas Kesehatan Aceh sedang memasang alat bantu dengar kepa
dr. Azwar Abdullah, Sp. THT-KL FICS, salah seorang dokter spesialis THT dan KL yang tergabung dalam tim Pengobatan. Kesehatan Bergerak, Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan, Dinas Kesehatan Aceh sedang memasang alat bantu dengar kepa

(Sabang, 9/9)-- Dari Sabang dilaporkan bahwa Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan, yang turun ke Kota Sabang, hari ini membuka posko pelayanan kesehatan gratis di Keuneukai, Sabang (Kamis, 9/9).

Salah satu pelayanan yang ramai dikunjungi warga Keuneukai itu adalah Layanan Telinga, Hidung dan Tenggorokan. Dr. Azwar Abdullah, Sp.THT-KL FICS melaporkan bahwa hari ini ada total 50 warga yang dapat terlayani dilayanan THT yang dilokasi pengobatan.

Azwar menyebutkan bahwa Kebanyakan pasien yang datang berobat adalah anak-anak, dan pada mereka didapatkan serumen (kotoran) telinga. Tindakan yang dilakukan adalah dibersihkan tentunya.

Selain serumen telinga, Azwar menyebutkan bahwa ia juga menjumpai pasien yang datang berobat karena trauma akibat menyelam, penanganannya tidak bisa dilakukan disini, tapi harus dilakukan rekonstruksi lebih lanjut pada saluran telinga bagian dalam dan ini harus dilakukan diruang operasi, jelas dokter spesialis THT yang rutin ikut dalam kegiatan DTPK ini.

Selain itu, ada satu pasien usia lanjut yang dibantu alat bantu dengar, sehingga pasien tersebut sudah dapat merasakan perbaikan pendengaran.

Pasien yang diberikan alat bantu dengar, merasa sangat terbantu dan bersyukur atas bantuan alat bantu dengar yang diberikan. Ia mengaku setelah dipasang alat bantu dengar, ia sudah bisa mendengar dengan lebih baik.

Tampak senyum bahagia dari wajahnya saat ia bisa mengulang setiap kalimat yang diucapkan oleh dokter spesialis THT itu saat menguji kemampuannya mendengar, setelah alat bantu dengar itu terpasang padanya.

Gangguan lain yang didapatkan adalah radang amandel dan ganggungan THT akibat alergi, kepada pasien sudah dilakukan edukasi, dan juga dibekali dengan obatan-obatan yang diperlukan. Azwar menyebutkan bahwa yang bersangkutan juga disarankan untuk rajin kontrol ulang ke Puskesmas terdekat.

Dikunjungi Ibu Darwati

Saat kegiatan pengobatan sedang berjalan di Keuneukai siang tadi, tampak ikut dikunjungi Darwati A.Gani. Darwati saat ini tercatat sebagai salah satu anggota DPRA yang hari ini sedang melakukan kunjungan ke Sabang. Salah satunya adalah memantau pelaksanaan operasi katarak gratis bagi warga Sabang yang dipusatkan di RSUD kota Sabang.

Keluar dari RSUD Kota Sabang Darwati menyempatkan diri mengunjungi lokasi Kegiatan Tim DTPK Aceh yang sedang melaksanakan pengobatan gratis di Keuneukai.

Dilokasi kegiatan, salah satu kegiatan yang menarik perhatian Darwati adalah penyuluhan kesehatan gigi kepada anak-anak. Dilokasi acara saat itu drg. Mukhlis Noer, salah seorang dokter gigi yang bergabung dalam tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Dinas Kesehatan Aceh sedang memberikan penyuluhan kesehatan gigi kepada anak-anak di Gampong tersebut.

Drg. Mukhlis saat penyuluhan gigi, mengajak anak-anak disana untuk rajin menggosok gigi 2 kali setiap hari, setiap pagi dan malam hari.

"Sikat gigi itu penting dilakukan sejak dini, untuk mencegah kerusakan gigi seperti gigi berlubang yang sangat sering kita temukan pada anak-anak yang jarang menggosok gigi", Jelas drg. Mukhlis, sambil disaksikan oleh Ibu Darwati A.Gani.

drg. Mukhlis adalah satu dokter gigi yang tergabung dalam tim DTPK dinas kesehatan Aceh, yang sehari- hari bekerja di poli gigi RSUDZA Banda Aceh.

Selesai penyuluhan, Tim PKB-DTPK Aceh juga membagi-bagikan odol dan sikat gigi kepada murid anak-anak setempat. Tim juga membagikan masker, biskuit dan susu UHT kepada mereka.

Selesai memberikan penyuluhan kesehatan gigi, drg. Mukhlis dan Tim ikut memberikan layanan kesehatan gigi kepada warga yang datang dilokasi. Di Keuneukai, drg. Mukhlis berhasil memberikan tindakan kepada 27 warga yang hadir berobat gigi padanya, seperti melakukan penambalan gigi yang berlubang dan juga cabut gigi.

Koordinator lapangan, tim Pelayanan kesehatan bergerak Dinkes Aceh, dr. Rais Husni Mubarrak menjelaskan bahwa selain di Keuneukai, kegiatan pengobatan gratis seperti yang dilakukan hari juga akan berlanjut Jumat Besok yang akan dilokasinya direncanakan di Iboh, sebut Rais.

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32