Calon Jamaah Haji Diminta Isoman Seminggu Sebelum Berangkat

Kategori : Berita Jumat, 10 Juni 2022
Print Friendly and PDF
Ilustrasi Jamaah Haji
Ilustrasi Jamaah Haji

(Banda Aceh, 09/06) -- Calon Jamaah Haji (CJH) Aceh diminta untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) atau tidak berinteraksi sosial selama seminggu sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Tujuannya, agar jamaah terhindar dari paparan Covid-19 dan pada saat dites Polymerase Chain Reaction (PCR) menjelang keberangkatan, tidak ada yang terkontaminasi Covid-19.

Permintaan itu disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh, dr Iman Murahman, Kamis (9/6/2022).

"Sebelumnya kita sudah sampaikan kepada jamaah bahwa seminggu sebelum keberangkatan tidak boleh lagi bersosialisasi dan harus isoman di rumah agar tidak terkena paparan Covid dari yang lain sehingga pada saat pemeriksaan PCR akan negatif," ujarnya.

Ia berharap, semua jamaah haji asal Aceh sehat semua, baik sebelum berangkat maupun saat menjalani ibadah haji.

Dalam menjaga kesehatan, dr Iman mengimbau jamaah tetap mematuhi protokol kesehatan (protkes) dan mengurangi komunikasi dengan masyarakat sehingga hasil PCR negatif.

Selain melakukan isoman, tambah dr Iman, ada ketentuan bagi jamaah yang berangkat untuk melakukan PCR 3x24 jam atau 72 jam sebelum keberangkatan.

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32