Pelatihan Sistem Informasi Puskesmas (SIP)

Kategori : Berita Minggu, 16 Juli 2017

Puskesmas merupakan fasilitas pelayanan kesehatan primer yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Untuk mengoptimalkan fungsi Puskesmas tersebut diperlukan manajemen puskesmas yang didukung sistem pencatatan dan pelaporan yang berkualitas. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan dukungan sistem informasi puskesmas yang baik, mulai dari pengumpulan data hasil pelaksanaan kegiatan, sampai pada pengolahan dan pemanfaatannya.

Pelaksanaan Sistem Informasi Puskesmas diharapkan dapat sejalan dengan perkembangan kebijakan saat ini yang mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM), rencana strategis kesehatan, dan program-program kesehatan lainnya. Dalam implementasinya SIP telah pula memperhatikan standardisasi dalam kesehatan, pola penyakit / masalah kesehatan, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Setiap puskesmas wajib melakukan kegiatan sistem informasi puskesmas, Sistem informasi puskesmas yang dimaksud dapat diselenggarakan baik secara elektronik maupun non elektronik, hal ini sesuai dengan bunyi pasal 43 peraturan menteri kesehatan nomor 75 tahun 2014. Salah satu sistem elektronik yang sedang berjalan saat ini salah satunya adalah sistem informasi kesehatan daerah Generik (SIKDA Generik).

SIKDA Generik merupakan Sistem Informasi Kesehatan Daerah yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam kegiatan pengelolaan informasi kesehatan daerah, mulai dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, sampai dengan distribusi informasi kesehatan. SIKDA Generik ini dirancang untuk menjadi standar bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan informasi kesehatan di daerah, meliputi pelaksana kesehatan yang ada didalamnya yaitu Puskesmas, Dinas Kesehatan Kab/Kota dan Dinas Kesehatan Propinsi.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan peningkatan kapasitas pengelola SIK Kabupaten/Kota , Dinas Kesehatan Aceh melalui Subbag Perencanaan, Informasi dan Humas, Sekretariat Dinas Kesehatan Aceh menyelenggarakan pelatihan teknis SIKDA Generik 1.4 bagi tenaga pengelola SIKDA Generik, Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Provinsi Aceh. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari tanggal 11-14 Juli  2017 yang bertempat di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

Kegiatan ini dibuka dan sekaligus pembawa materi yang pertama yaitu Bapak Drs. Muhammad Hasan, M.Kes selaku Sekretaris Dinas Kesehatan provinsi Aceh. Dalam Sambutannya, sekdis menyampaikan bahwa melalui Pelatihan teknis sistem informasi puskesmas dengan aplikasi SIKDA generik diharapkan dapat menambah dan meningkatkan pengetahuan serta dapat mengimplementasikan aplikasi tersebut untuk mendukung proses manajemen puskesmas, sehingga puskesmas dan dinas kesehatan kab/kota memiliki data yang akurat dalam pelaksanaan program kegiatan pembangunan kesehatan dan data yang didapat dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32