Mellani Minta Geuchik Bantu Sosialisasi Pentingnya Imunisasi Ke Masyarakat

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Mellani Subarni, sedang menerima laporan dan kendala petugas kesehatan dalam memberikan imunisasi kepada masyarakat saat mengunjungi Posyandu Harapan Ibu di Desa Santosa, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu (5/6/2024).
Pj Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Mellani Subarni, sedang menerima laporan dan kendala petugas kesehatan dalam memberikan imunisasi kepada masyarakat saat mengunjungi Posyandu Harapan Ibu di Desa Santosa, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu (5/6/2024).

(CALANG) -- Mellani minta Geuchik ikut dilibatkan membantu mensosialisasikan pentingnya Imunisasi ke masyarakat. Hal itu diungkapkan Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Aceh itu, saat berkunjung ke Posyandu Harapan Ibu, di Desa Sentosa, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu, (5/6/2024).

Saat kunjungan tersebut, Mellani ikut membagikan puluhan paket makanan tambahan bergizi untuk Posyandu Harapan Ibu. Diantaranya adalah aneka produk olahan ikan. Ia berharap makanan tersebut dapat bermanfaat untuk ibu hamil dan pertumbuhan bayi dan balita. 

Pada kunjungan ke Posyandu tersebut juga dilakukan Kick-Off intervensi serentak Pencegahan stunting di Aceh yang dimulai di Kabupaten Aceh Jaya. Dalam kunjungan tersebut Mellani ikut ditemani oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Munawar, Sp.OG (K).

Selain itu, ia juga meninjau langsung pelayanan yang tersedia di Posyandu tersebut, seperti pengukuran tinggi dan berat badan bayi, penyuluhan kesehatan, dan pembuatan serta pemberian makanan sehat bergizi yang disediakan pihak Posyandu.

Saat berbincang dengan kader Posyandu, Mellani dilaporkan jika presentase anak yang diimunisasi di desa setempat masih begitu rendah. Sebab banyak orang tua yang enggan membawa anaknya untuk diimunisasi.

Menyikapi hal tersebut, Mellani meminta langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Aceh Jaya yang ikut bersamanya untuk turun langsung mengatasi masalah tersebut. Ia meminta agar Kepala Dinas terkait mengumpulkan seluruh geusyik, dan mengedukasi geusyik terlebih dahulu tentang pentingnya imunisasi. Nanti Keuchik diminta ikut menjelaskan pentingnya imunisasi kepada masyarakat di desanya.

"Masyarakat mungkin akan lebih mendengar jika geusyik yang menyampaikan," kata Mellani.

Mellani mengatakan, imunisasi lengkap untuk anak sejak bayi sangat lah penting. Imunisasi menjadi imun kekebalan tubuh untuk mencegah anak terpapar penyakit.

Terpisah saat memberikan arahan di Aula Dinas Kesehatan Aceh Jaya sesaat setelah kunjungan dari Posyandu Harapan Ibu,  Mellani menyebutkan jika pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan stunting di Aceh.

"Berbagai upaya penurunan stunting harus terus gencar kita lakukan. Kegiatan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting di seluruh Aceh yang dimulai dari kabupaten Aceh Jaya ini merupakan bagian dari upaya dan kerja keras kita untuk menurunkan stunting di Aceh", ujarnya.

Masih menurut Pj.TP-PKK Aceh itu, gerakan intervensi serentak pencegahan stunting ini wajib diikuti oleh semua calon pengantin, ibu hamil, bayi dan balita yang ada di seluruh Aceh. Nantinya akan dilakukan penimbangan Berat Badan, Pengukuran Lingkar Lengan dan Lingkar Kepala, serta Tinggi Badan serta akan dilajukan intervensi sesuai dengan Tata laksana kasus yang ditemui.

"Harapan kita semua dengan adanya kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang stunting dan upaya-upaya pencegahannya pun semakin berjalan di masyarakat", tambah Mellani.

Mellani juga mengingatkan kepada calon pengantin (Catin) agar diberikan edukasi tentang pentingnya asupan makanan yang bergizi saat hamil agar anak yang dilahirkan kelak bisa dicegah dari Stunting sejak dini.

"Saya mengingatkan agar Catin, Calon Pengantin ini, harus kita beri edukasi, baik dari Kemenag, mungkin nanti akan berjalan dan di DPMG juga, supaya mereka tahu cara sebelum mereka hamil ini, mereka tahu makanan yang mereka harus konsumsi saat hamil nanti yaitu makanan yang bergizi supaya nanti efeknya ini adalah mencegah anak stunting", tutup Mellani.

👁 684 kali

Berita Terkait