Kampanye Germas Jadi Momentum Untuk Budayakan Pola Hidup Sehat.

Kategori : Berita Selasa, 15 Oktober 2019
Print Friendly and PDF
Massa yang hadir sedang melakukan senam bersama (salah satu bentuk aktifitas fisik) saat pelaksanaan kampanye germas di Aceh Tamiang
Massa yang hadir sedang melakukan senam bersama (salah satu bentuk aktifitas fisik) saat pelaksanaan kampanye germas di Aceh Tamiang

Aceh Tamiang | Dari Aceh Tamiang dilaporkan kegiatan Pergerakan Massa sebagai Implementasi Kampanye Germas ini harus jadi momentum bagi masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat. HAl itu diungkapkan Bupati Aceh Tamiang, Mursil, SH., M.Kn., saat membuka kegiatan Pergerakan Massa sebagai Implementasi Kampanye Germas yang dirangkai dengan Peluncuran Rumoh Gizi Gampong (RGG) Kabupaten Aceh Tamiang, yang dipusatkan di Lapangan Kantor Camat Rantau, Senin (14/10/19) sekira pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini diprakarsai oleh Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masayarakat untuk hidup sehat. 

Dalam arahannya, Bupati Mursil mengatakan, bahwa Indonesia saat ini tengah dihadapkan oleh tingginya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) atau yang disebut dengan istilah double burden diseases. Diterangkan, meningkatnya tren penyakit tersebut salah satunya akibat berubahnya perilaku manusia ke arah pola hidup yang tidak sehat.

“Sekarang masyarakat kita sudah kurang beraktivitas fisik, sudah lebih sering makan makanan siap saji yang mengandung gula, garam dan tinggi lemak. Selain faktor makanan, faktor sanitasi/lingkungan seperti ketersediaan air bersih yang kurang memadai. Ikut menjadi pemicunya”, ungkap Mursil.

Bupat Mursil mengharapkan permasalahan-permasalahan kesehatan ini dapat dicegah dan diatasi dengan adanya Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat atau yang dikenal dengan Germas. Baginya, kegiatan  Pergerakan Massa sebagai Implementasi Kampanye Germas ini harus jadi momentum bagi masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat.

Pada Kegiatan Pergerakan Massa sebagai Implementasi Kampanye Germas ini, turut diluncurkan Program Rumoh Gizi Gampong (RGG). Pada peluncuran ini,  ikut dihadiri oleh Wakil Ketua TP-PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, Ketua TP-PKK Aceh Tamiang, Rita Syntia Mursil, dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang, dr. Catur Haryati.

Wakil Ketua TP-PKK Aceh yang juga isteri Plt Gubernur, Dyah Erti Idawati memaparkan, dengan hadirnya program Rumoh Gizi Gampong (RGG)  ini diharapkan dapat membantu mengedukasi masyarakat akan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak sehingga cita-cita pemerintah Aceh melahirkan generasi yang unggul demi tercapainya Aceh hebat dan Aceh bermartabat dapat tercapai. Dengan program Rumoh Gizi Gampong ini juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan pangan jenis sayur di tengah masyarakat. 

Selain itu kehadiran rumoh gizi gampong bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang makanan bergizi secara benar. Saat ini, masyarakat hanya berpaku bahwa makan itu hanya untuk enak dan mengenyangkan saja dan cenderung mengabaikan terhadap kandungan gizi pada makanan yang kerap dikonsumsi tersebut.

Dyah juga mengatakan pola pikir yang demikian harus diubah, dengan lebih memahami tentang jenis-jenis kandungan gizi pada makanan yang baik untuk tubuh, sehingga asupan gizi tiap harinya tercukupi dan persoalan stunting ikut terkurangi.

Salah satu panganan yang kaya akan gizi adalah ikan, dalam ikan banyak mengandung gizi yang lengkap, seperti Omega 3, vitamin dan mineral, zat besi, zink, Magnesium, dan Kalium. Oleh sebab itu, Dyah menganjurkan masyarakat Aceh untuk lebih giat mengkonsumsi ikan melalui kampanye makan ikan.

“Salah satu asupan gizi untuk mencegah stunting adalah makan ikan, padahal secara sumber daya alam kondisi Aceh saat ini tidak kekurangan akan pasokan ikan, karena produksi tangkapan ikan di Aceh cukup tinggi” ujar Dyah

Bupati Mursil pada penutupan acara mendorong masyarakat semakin sadar untuk dan membudayakan hidup sehat, dengan membiasakan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengkonsumsi sayur dan buah, cek kesehatan secara rutin dan kegiatan sehat lainnya  guna menekan tinggi angka penyakit menular yang ternnya cenderung meningkat sekarang ini. Jika ini rutin dilakukan oleh seluruh masyarakat maka jumlah orang sakit akan berkurang, sehingga biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk berobat akan berkurang.

Kegiatan Implementasi Kampanye Germas dan Peluncuran Rumoh Gizi Gampong (RGG) Kabupaten Aceh Tamiang siang tadi berlangsung meriah. Dibuka dengan tarian khas penyambutan tamu Aceh Tamiang, kegiatan turut menggelar anjungan pameran dari tiap kecamatan dan rumah gizi yang telah berdiri. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Zulhir Destrian, Kasdim 0117 Mayor Inf. A. Ayani, sejumlah unsur Forkopimda Plus, para Kepala SKPK dan seluruh Camat, para Ketua dan pengurus TP-PKK se-Aceh Tamiang.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32