Vaksinasi Booster bagi Lansia Resmi Dipercepat

Kategori : Berita Rabu, 23 Februari 2022
Print Friendly and PDF
Flyer Vaksinasi Booster bagi Lansia Resmi Dipercepat
Flyer Vaksinasi Booster bagi Lansia Resmi Dipercepat

(Jakarta, 23/02/2022) --Dalam rangka meningkatkan perlindungan terhadap kelompok lansia di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan ketentuan untuk mempersingkat jarak waktu vaksinasi booster bagi lansia, dimana sebelumnya memiliki rentang waktu 6 bulan setelah dosis kedua diberikan, kini penyuntikan dosis lanjutan bisa diberikan minimal 3 bulan setelah sebelumnya menerima vaksinasi dosis lengkap.

Aturan tersebut tertuang pada Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.02.06/II/1123/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) bagi Lansia. Surat Edaran (SE)  tersebut merupakan tindak lanjut dari SE Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster) pada tanggal 12 Januari 2022, serta rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional No ITAGI/SR/5/2022 yang telah dikeluarkan tepat pada tanggal 21 Februari 2022 yang lalu.

Pernyataan terkait percepatan vaksinasi booster pada lansia tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmidzi pada tanggal 22 Februari 2022. Dalam pernyataanya, beliau menyampaikan bahwa percepatan yang dilakukan baik vaksinasi booster maupun vaksinasi primer merupakan usaha untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19, dikarenakan mayoritas kematian didominasi oleh masyarakat yang belum divaksinasi lengkap (73%), bahkan kematian meningkat pada lansia dan masyarakat dengan penyakit penyerta.

Pada pelaksanaan, vaksinasi booster dapat dilakukan dengan vaksin selain vaksin Sinovac, hal ini dikarenakan vaksin Sinovac memiliki jumlah yang cukup terbatas dan sedang difokuskan  bagi sasaran anak usia 6-11 tahun. Pada prinsipnya seluruh vaksin yang telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM dan ITAGI bisa digunakan untuk percepatan vaksinasi, sehingga masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin.

Sebagai penutup, dr. Siti Nadia Tarmidzi berpesan kepada seluruh masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi dosis lengkap dan booster untuk mengurangi risiko kematian yang diakibatkan oleh Covid-19. Tetap disiplin protokol kesehatan dan segera mendapatkan vaksinasi, karena vaksinasi terbaik adalah vaksinasi yang dilakukan sekarang juga sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32