Pertemuan Pemutakhiran Dan Analisa Data Kesehatan tingkat Provinsi Aceh

Pertemuan pemutakhiran dan analisa data kesehatan tingkat  provinsi Aceh dilaksanakan di hotel Oasis Banda Aceh, (6 – 8 Maret 2017) yang diikuti pengelola SIK kab/kota se provinsi Aceh. Kegiatan tersebut berkaitan langsung dalam penyusunan profil kesehatan kab/kota dan provinsi Aceh tahun 2017. Sebagaimana kita ketahui bahwa data dan informasi kesehatan dapat diperoleh melalui penyelenggaraan sistem informasi kesehatan, baik dari fasilitas pelayanan kesehatan, unit-unit kesehatan lainnya, sektor terkait, maupun dari hasil berbagai survei. Sistem Informasi Kesehatan diharapkan dapat menghasilkan data dan informasi kesehatan yang lengkap, akurat, dan terkini sehingga dapat dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan/kebijakan bidang kesehatan di kabupaten/kota, provinsi, dan pusat.


Sekretaris dinas kesehatan Aceh, Bapak Drs. Muhammad Hasan, M.Kes pada kesempatan tersebut memberikan arahan sekaligus menyampaikan materi terkait regulasi dan kebijakan pengembangan sistem informasi kesehatan baik di tingkat daerah maupun pusat serta dukungan kegiatan dan anggaran yang bersumber dari APBN maupun APBA. Pertemuan ini dihadiri oleh dua narasumber dari Pusdatin Kementrian Kesehatan RI, Cecep Slamet Budiono, SKM, MSc.PH dan Supriono Pangribowo, SKM, MKM yang  menyampaikan materi terkait data Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan data set prioritas melalui aplikasi KOMDAT. Pada pertemuan tersebut juga dihadiri oleh pemateri lokal Dinas Kesehatan Aceh, yaitu Ibu Fadhilah, SKM, MPH, Ibu Erlindawati, SKM, MPHM, dan Bapak dr. Abdul Fatah, MPPM yang masing-masing menyampaikan materi terkait SPM, Prokesga dan paparan data penyakit menular dan tidak menular.


Pada pertemuan ini dilakukan kegiatan desk data dari petugas program provinsi, dan kabupaten/kota bertujuan menghimpun data dari berbagai sumber baik dari data program maupun data yang bersumber dari kab/kota serta mengidentifikasi permasalahan terkait pengelolaan data dan informasi, dimana hasil identifikasi akan ditindaklanjuti oleh kabupaten/kots dan pemegang program kesehatan di tingkat provinsi Aceh. Para peserta dari dinas kesehatan Kab/Kota dan provinsi diakhir pertemuan membuat kesepakatan untuk melakukan koordinasi yang lebih intesif dengan membuat rencana tindak lanjut yang sudah disepakati bersama.

👁 294 kali

Berita Terkait