Kadinkes Aceh : Semua Lintas Sektor Harus Terlibat dalam Menyukseskan Germas

Kategori : Berita Selasa, 17 Oktober 2017

"Semua Lintas Sektor harus terlibat dalam menyukseskan Germas di Aceh, khususnya di Aceh Barat ini.  Bahkan germas harus mengakar dan membudayakan di dalam hati masyarakat kita", hal tersebut di ungkapkan Kadinkes Aceh,  dr.  Hanif, saat menjadi Narasumber pada acara penggerakan masyarakat untuk hidup sehat (germas) yang dipusatkan di Aula Gedung Poltekkes Aceh di Meulaboh (Selasa,  17/10/2017).

Dalam menyukseskan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat)  ini tentu saja sektor kesehatan tidak bisa bekerja sendiri tapi harus di dukung oleh berbagai lintas sektor lainnya. Contohnya saja adalah masyarakat pengguna air bersih, itu indikatornya di dinas kesehatan. Tapi yang membangun sarana dan prasarana air bersih tak mungkin oleh Dinas Kesehatan. Contoh lain adalah indikator masyarakat yang menggunakan jamban itu di Dinas Kesehatan,  tapi yang membangun jamban itu tidak boleh lagi dilakukan oleh Dinas Kesehatan. 

Di daerah kita harapkan Bupati atau walikota bisa mengeluar sebuah kebijakan daerah yang mengatur apa peran masing-masing dinas atau SKPK dalam mendukung suksesnya germas ini. Bappeda di daerah harus berperan untuk mengkoordinasikan program-program kesehatan untuk suksesnya pelaksanaan germas ini. Contohnya adalah di dalam germas itu ada kegiatan berupa aktifitas fisik,  masyarakat butuh sarana untuk aktifitas fisik,  masyarakat butuh sarana untuk berolahraga,  sarana untuk pejalan kaki,  untuk bersepeda,  tersedianya ruang-ruang terbuka hijau yang banyak,  itu senua tentunya bukan dinas kesehatan yg akan membuat. Tapi dinas pekerjaan umum tentunya lebih berperan di sini. 

Dinas kesehatan harus gencar melakukan advokasi, kita mengajak semua dinas,  kita mengajak semua tokoh-tokoh masyarakat agar germas ini menjadi budaya dan mengakar di dalam masyarakat kita. Kita mengharapkan masyarakat tidak perlu lagi disuruh untuk beraktifitas fisik, tidak perlu lagi disuruh untuk periksa kesehatan. Kalau germas sudah menjadi budaya di dalam keseharian masyarakat maka masyaakat akan melakukan itu semua tanpa perlu lagi kita suruh. Tapi masyarakat sudah merasa butuh untuk melaksanakan germas ini,  karena yang merasakan manfaatnya juga adalah masyarakat. Mereka akan hidup lebih sehat lagi tentunya, jelas Hanif. 

Pencanangan Pemberian Obat Massal Filariasis

Acara penggerakan massa dan pencanangan germas yg dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan  tersebut juga ikut dihadiri oleh Bupati Aceh Barat,  Ramli,  MS.  Bupati Ramli ikut melakukan pencanangan dan penandatanganan komitmen secara resmi pelaksanaan Germas di Aceh Barat. Saat memberikan arahannya,  Bupati Ramli sangat mendukung penuh menunjukkan antusiasnya untuk suksesnya pelaksanaan germas di Aceh Barat. Bupati Ramli juga menyorot pentingnya Aceh Barat mengembangkan taman gizi keluarga yang ditanam dengan berbagai macam sayur dan tanaman buah yabg bisa dimanfaatkan untuk mencukupkan kebutuhan akan asupan gizi bagi seluruh anggota keluarga. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Ramli juga melakukan pencanangan pekan minum obat filariasis. Bahkan Bupati Ramli ikut minum obat filariasis tersebut di atas panggung bersama-sama dengan Kadinkes Aceh Barat dan Kadinkes Aceh. 

Apa itu Germas? 

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

TUJUAN UMUM :
(a) menurunkan beban penyakit
(b) menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan;
(c) meningkatkan produktivitas penduduk; dan
(d) menekan peningkatan beban fnansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

TUJUAN KHUSUS
Tujuan khusus Germas adalah untuk menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular terutama melalui:
1. Intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan
2. Memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga
3. Meningkatkan aktiftas fsik teratur dan terukur
4. Meningkatkan pola hidup sehat
5. Meningkatkan lingkungan sehat
6. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol

Fokus 2016-2017 :
1. Melakukan aktivitas fsik
2. Konsumsi sayur dan buah
3. Memeriksa kesehatan secara rutin

Seluruh lapisan masyarakat harus terlibat dalam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
1. Pemerintah Pusat dan Daerah membuat kebijakan yang berwawasan kesehatan, mensosialisasikan ke jajarannya sekaligus melaksanakannya
2. Di lingkup Akademisis, Dunia Usaha dan Organisasi Masyarakat harus dilibatkan untuk mensosialisasikan di lingkungannya dan jaringannya masingmasing serta melaksanakannya.
3. Sedangkan Individu, Keluarga dan Masyarakat, menerapkan Germas dengan berperilaku hidup sehat.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32