Aceh Raih Penghargaan Health Financing Award Dari Kemenkes

Kadinkes Aceh, dr. Munawar, Sp.OG (K), menerima penghargaan Health Financing Award dengan kategori Provincial Health Account (PHA) terbaik untuk tahun ini yang diserahkan oleh Menkes, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta pada Selasa (29/08).
Kadinkes Aceh, dr. Munawar, Sp.OG (K), menerima penghargaan Health Financing Award dengan kategori Provincial Health Account (PHA) terbaik untuk tahun ini yang diserahkan oleh Menkes, Budi Gunadi Sadikin di Jakarta pada Selasa (29/08).

(BANDA ACEH) -- Kadinkes Aceh, dr. Munawar, Sp.OG (K), menerima penghargaan Health Financing Award dengan kategori Provincial Health Account (PHA) terbaik untuk tahun ini. Dalam penghargaan tersebut Aceh berhasil raih posisi ke-tiga.

Penghargaan ini sebagai salah satu wujud apresiasi Kementerian Kesehatan bagi pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih terbaiknya dalam mengimplementasikan 4 unsur dari pilar pembiayaan kesehatan khususnya dalam kategori Provincial Health Account (PHA).

Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada kegiatan Townhall pilar keempat Pembiayaan Kesehatan pada Selasa (29/08) di Jakarta. Kegiatan tersebut bersamaan launching inovasi pembiayaan kesehatan strategis untuk pelayananan TBC di 6 kota.

Selain Aceh, penghargaan Health Financing Award dengan kategori Provinsial Health Office (PHA) terbaik untuk tahun ini juga diberikan kepada provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan provinsi Jawa Barat yang berturut-turut berada pada urutan pertama dan kedua.

Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK), Kementerian Kesehatan, Syarifah Liza Munira, yang juga ketua panitia kegiatan , dalam laporannya menyebutkan jika kegiatan townhall ini kita lakukan sebagai wadah desiminasi informasi mengenai program transformasi pembiayaan kesehatan yang sudah dilaksanakan maupun di tengah berproses. Tujuannya untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak baik dari kementerian Kesehatan dan juga dari stakeholder terkait.

"Tujuan utama dari transformasi pembiayaan kesehatan adalah meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembiayaan dengan memastikan ketersediaan pembiayaan yang cukup adil efektif dan efisien untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya", sebut Syarifah Liza Muniza.

"Penyerahan penghargaan yang diserahkan terdiri dari 4 kategori, yaitu Provinsial dan District Account untuk tingkat provinsi dan kabupaten kota. Kemudian koder terbaik untuk program JKN dan ke empat rekomendasi kebijakan terbaik diantara UPT BKPK", ujar Liza Munira.

Audiensi Dengan Kemenkes

Selain agenda menerima penghargaan Provincial Health Account  dari Kemenkes, dalam lawatannya ke Jakarta, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Munawar, Sp.OG (K), juga memanfaatkan kesempatan kunjungan tersebut untuk bersilaturrahmi dan beraudensi dengan menteri kesehatan R.I, Budi Gunadi Sadikin.

Dalam audiensi tersebut, Kadinkes berkoordinasi dengan kemenkes terkait permohonan ambulans untuk persiapan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut.

Kadinkes juga meminta kemenkes untuk memfasilitasi kekurangan dokter spesialis di Provinsi Aceh.

👁 1720 kali

Berita Terkait