Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional di Aceh

        Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 di tingkat Provinsi Aceh, Selasa (8/3/2016) dipusatkan di halaman Masjid Baitul Mukminin, Desa Lamteh, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh, acara ini menandai dimulainya pelaksanaan PIN 2016 di Provinsi Aceh, yaitu pada 8-15 Maret 2015. Pencanangan PIN ditingkat Provinsi Aceh ikut dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh, Walikota Banda Aceh, unsur Dinas Kesehatan dan juga seluruh jajaran SKPA dilingkup pemerintah Aceh dan juga unsur SKPK Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. Sementara dari Jakarta, Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, Drs. Purwadi, Apt, ME dan Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, juga ikut hadir pada pencanangan PIN di Aceh.

     Walikota Banda Aceh, Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE, dalam sambutannya menyampaikan bahwa target jumlah balita yang akan diimunisasi di kota Banda Aceh berjumlah 27.098 anak. Sebanyak 162 Pos PIN telah didirikan di Kota Banda Aceh, yang meliputi Posyandu, Puskesmas, Kantor Desa, dan di sebuah pusat perbelanjaan.

       Sementara itu, Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah mengimbau seluruh orangtua yang memiliki anak berusia di bawah 59 bulan berpartisipasi dalam PIN 2016 dengan membawa anak-anak mereka ke pos pelayanan terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio. Hal ini disampaikan Zaini dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Aceh, Drs. Dermawan, MM pada acara yang sama.

       “Semoga momen ini dapat menjadi awal yang baik bagi kita untuk membangun generasi muda Aceh yang sehat dan berkualitas,” ungkap Zaini.

       Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. M Yani, M.Kes, PKK dalam sambutannnya menghimbau warga untuk membawa bayinya ke Pos PIN terdekat untuk diimunisasi. "Ingat sekali terkena Polio seumur hidup cacat. Kita tidak bisa mengobati polio, yang bisa dilakukan adalah mencegah".

       Acara Pencanangan PIN 2016 ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Sejumlah pimpinan pemerintah daerah turut menghadiri acara ini, di antaranya adalah Kapolda Aceh, Irjen Polisi M. Husein Hamidi, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, dr. M. Yani, M.Kes. Turut menghadiri pula, Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

      Setelah menghadiri acara di Desa Lamteh, Ulee Kareng, Irjen beserta rombongan Kemenkes dan rombongan Tim Penggerak PKK Pusat mengunjungi Pos PIN di Kabupaten Aceh Besar. Acara pencanangan PIN di Kabupaten Aceh Besar turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan segenap jajaran pimpinan pemerintah daerah.

      Animo masyarakat Aceh dalam mengikuti PIN cukup besar, hal ini terlihat dari banyaknya ibu yang membawa putra – putrinya ke Pos PIN terdekat untuk memperoleh imunisasi.

     Dengan dicanangkannya PIN di Banda Aceh yang ikut dihadiri oleh jajaran pimpinan Kementerian Kesehatan, unsur PKK maupun berbagai elemen SKPA dan forkopimda pemerintah daerah Aceh, diharapkan target jumlah balita di Aceh yang memperoleh vaksinasi polio dapat tercapai. Semoga... (Cut)

Foto-Foto terkait Pencangan PIN di Lamteh bisa dilihat pada link berikut https://dinkes.acehprov.go.id/index.php/page/57/1-pencanangan-pin-aceh-2016

 

👁 427 kali

Berita Terkait