Waktu yang Tepat untuk Deteksi Kesehatan Mata

Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Mata
Ilustrasi Pemeriksaan Kesehatan Mata

(JAKARTA) -- Mata adalah jendela dunia. Pada mata terdapat beberapa organ dengan fungsi tersendiri. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk menjaga kesehatan mata.

Banyaknya fungsi pada mata membuat indra penglihatan tersebut seringkali mengalami permasalahan. Lantas kapan waktu yang tepat untuk deteksi permasalahan pada mata? Dikutip dari laman ayosehat.kemkes.go.id, berikut waktu yang tepat untuk deteksi permasalahan pada mata:

1. Saat Merasakan Gejala Gangguan Penglihatan,
Waktu yang paling pas untuk melakukan deteksi permasalahan pada mata yaitu saat kita merasakan gejala gangguan penglihatan seperti mata lelah, rabun jauh dan masih banyak lagi. Permasalahan pada mata membuat penglihatan terasa buram sehingga harus mendapatkan penanganan cepat dan tepat agar tidak semakin parah.

2. Memiliki Riwayat Penyakit Kronis,
Orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi hingga riwayat keluarga berkacamata wajib mendeteksi permasalahan penglihatan. Pendeteksian tersebut harus sejak dini agar tidak timbul permasalahan pada mata di kemudian hari.

Pasalnya, orang dengan penyakit kronis seperti diabetes berpotensi tinggi mengalami gangguan penglihatan ringan. Tekanan darah tinggi juga memicu kerusakan pada pembuluh darah mata. Oleh sebab itu, seseorang dengan riwayat penyakit tersebut harus melakukan pendeteksian dengan cara memeriksa kesehatan mata dalam waktu dekat.

3. Tidak Merasakan Gejala tapi Beresiko,
Deteksi permasalahan penglihatan harus segera dilakukan oleh orang-orang yang beresiko tinggi mengalami gangguan mata. Rata-rata orang yang beresiko mengalami gangguan penglihatan tidak memiliki gejala.

Orang yang beresiko mengalami permasalahan penglihatan biasanya selalu berdampingan dengan teknologi seperti laptop, hp, hingga tv. Gangguan penglihatan pada orang yang beresiko mengalami permasalahan penglihatan memang dipengaruhi oleh gaya hidup ataupun kebiasaan.

4. Metode MELIHAT,
Terdapat salah satu alternatif paling pas untuk mendeteksi permasalahan penglihatan sejak dini. Alternatif ini sering kali orang sebut dengan metode MELIHAT. Metode ini dapat membantu Kita untuk mengetahui kondisi kesehatan pada indra penglihatan mulai dari resiko hingga potensi gangguan.

Jika kita beresiko mengalami permasalahan penglihatan, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan berlanjut. Pengecekan ini dilakukan dengan memanfaatkan layanan kesehatan. Melalui layanan kesehatan, Kita juga bisa melakukan kontrol faktor resiko penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Waktu atau momen deteksi permasalahan penglihatan seperti di atas membantu Kita mengurangi resiko gangguan kesehatan mata. Mata yang sehat membuat penglihatan lebih akurat. Pendeteksian harus dilakukan secara rutin agar indra penglihatan terhindar dari berbagai gangguan.

👁 2307 kali

Berita Terkait