PERHATI-KL Cabang Aceh Periksa Kesehatan Lansia di Panti Jompo RSGS, Ulee Kareng, Banda Aceh

Seorang Lansia Sedang Menjalani p
Pemeriksaan Kesehatan Telinga dan Pendengaran di Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS), Ulee Kareng, Banda Aceh pada pada Sabtu (20/01/2024).
Seorang Lansia Sedang Menjalani p Pemeriksaan Kesehatan Telinga dan Pendengaran di Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS), Ulee Kareng, Banda Aceh pada pada Sabtu (20/01/2024).

(BANDA ACEH) -- Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher Indonesia (PERHATI-KL) Cabang Aceh mengadakan Bakti Sosial Kesehatan Telinga dan Pendengaran di Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang (RSGS), Ulee Kareng, Banda Aceh pada pada Sabtu (20/01/2024).

Kegiatan ini disambut antusias oleh kakek nenek yang menghuni Panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh. Mereka ikut senang terlebih setelah diperiksa oleh tim kesehatan yang datang mengunjunginya, mereka juga mendapat bingkisan dari petugas.

Selain pemeriksaan kesehatan THT, mereka juga mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan telinga, seperti perlunya memperhatikan serumen (kotoran telinga) dan bagaimana cara membersihkannya secara tepat.

Ketua PERHATI-KL cabang Aceh, dr. Lily Setiani, Sp.T.H.T.B.K.L, Subsp.L.F.(K), yang hadir langsung pada kegiatan tersebut menegaskan bahwa kejadian gangguan pendengaran pada lansia perlu ditangani dengan pemasangan alat bantu dengar (ABD) yang tepat. Ia juga menyampaikan tentang pentingnya pencegahan penyakit dan perawatan yang tepat pada lansia.

“Pencegahan penyakit dan perawatan yang tepat sangat penting pada lansia, kejadian gangguan pendengaran pada lansia perlu ditangani dengan pemasangan alat bantu dengar (ABD)”, sebut Lily.

Menurut Lily, sebelum lansia dipasang alat bantu dengar, ada pemeriksaan yang harus dilakukan, yaitu pemeriksaan audiometri.

"Pemeriksaan Audiometri ini, nantinya menjadi dasar bagi tim kesehatan untuk dapat diberikan dan untuk pemasangan Alat Bantu Dengar (ABD), tegas Lily, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komda PGPKT) Provinsi Aceh itu.

Selain Pemeriksaan Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok dan Leher, pada lansia yang menghuni panti Jompo UPTD Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, Banda Aceh, juga mendapatkan pemeriksaan echocardiografi (pemeriksaan jantung) dan juga penyakit dalam lainnya yang dilakukan oleh Persatuan Ahli Penyakit Dalam (PAPDI) Aceh.

Para lansia ini juga mendapat pemeriksaan kesehatan mata yang dilakukan oleh Perhimpunan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) Aceh, Pemeriksaan Kesehatan Kulit yang dilakukan oleh PERDOSKI Aceh (kulit), dan IDI Kota Banda Aceh.

Pimpinan Panti Jompo UPTD RSGS merasa perlu kegiatan pemeriksaan pada lansia ini dilakukan secara kontinu sehingga mendukung kualitas hidup yang optimal untuk para lansia.

 

👁 567 kali

Berita Terkait