Kasus Baru Covid-19 Nihil, Pasien Sembuh Tambah Empat Orang di Aceh

Banda Aceh—Kasus baru konfirmasi positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) nihil dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, pasien terinfeksi virus corona yang dilaporkan sembuh bertambah empat orang, dan tidak ada penambahan kasus meninggal dunia di Aceh.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) dalam keterangan pers-nya kepada awak media massa di Banda Aceh, Rabu (10/3/2021).

“Nihilnya kasus harian ini patut kita syukuri tapi tidak lantas membuat kita abai pada protokol kesehatan,” ujarnya.

SAG menjelaskan, nihilnya kasus harian sudah sering terjadi di Aceh tapi kemudian ditemukan kasus-kasus baru lagi. Karena itu, protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer (3M), tetap menjadi kebiasaan baru masyarakat, selama pandemi ini belum dinyatakan secara resmi sudah berakhir.

Bahkan, protokol kesehatan itu wajib bagi tenaga kesehatan atau petugas pelayanan publik yang sudah divaksinasi Covid-19. Vaksin tidak langsung membentuk antibodi. Antibodi baru terbentuk secara sempurna setelah 28 hari menerima suntikan dosis I dan dosis II, jelasnya.

Kasus akumulatif

Selanjutnya, seperti biasa, SAG mengabarkan perkembangan terakhir kasus Covid-19 di Aceh, per tanggal 9 Maret 2021. Secara akumulatif, kasus Covid-19 di Aceh sudah tercatat sebanyak 9.642 kasus/orang. Para penyintas yang sudah sembuh sebanyak 7.904 orang. Penderita dalam perawatan sebanyak 1.353 orang, dan kasus meninggal dunia sebanyak 385 orang.

Empat penderita Covid-19 yang dinyatakan sudah sembuh meliputi warga Kabupaten Aceh Jaya sebanyak dua orang, warga Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Simeulue masing-masing satu orang.

“Tidak ada penambahan kasus meninggal dunia dalam beberapa hari terakhir," tambah SAG.

Kemudian ia memaparkan kasus probable di Aceh sebanyak 672 orang, yang meliputi 602 orang sudah selesai isolasi, 12 orang sedang isolasi di rumah sakit, dan 58 orang meninggal dunia. Kasus probable merupakan kasus-kasus yang menunjukkan indikasi kuat sebagai Covid-19, urai SAG.

Sedangkan kasus suspek secara akumulatif sudah tercatat sebanyak 7.044 orang. Suspek yang telah selesai melakukan isolasi sebanyak 6.924 orang, sedang isolasi di rumah sebanyak 79 orang, dan sebanyak 41 orang sedang menjalani isolasi di rumah sakit, rinci SAG.

Lebih lanjut SAG menambahkan informasi progres vaksinasi Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes) di Aceh, per tanggal 9 Maret 2021. Nakes yang sudah vaksin dosis I sebanyak 51.748 orang, atau 91,6 persen dari sasaran sebanyak 56.472 orang. Sementara Nakes yang sudah mendapat vaksin II sudah mencapai 41.175 orang atau sekitar 72,9 persen dari target, tutup SAG. []

 

👁 483 kali

Berita Terkait