Butuh Komitmen Kuat Wujudkan Kesehatan Masyarakat Aceh

Kadinkes Foto bersama dengan sebagian peserta Rakerkesda Aceh Tahun 2024 sesaat setelah acara pembukaan yang di gelar di Kabupaten Aceh Tengah
Kadinkes Foto bersama dengan sebagian peserta Rakerkesda Aceh Tahun 2024 sesaat setelah acara pembukaan yang di gelar di Kabupaten Aceh Tengah

(TAKENGON, 21/05) -- Butuh komitmen kuat untuk mewujudkan kesehatan masyarakat Aceh. Kesehatan merupakan salah satu aspek utama dalam pembangunan suatu daerah, karena tanpa kesehatan yang baik, tidak akan ada kemajuan yang berarti bagi masyarakat kita. Hal itu di ungkapkan oleh Kadinkes Aceh, dr. Munawar, Sp. OG (K), saat mewakili Gubernur Aceh, membuka acara Rakerkesda Aceh yang dilaksanakan di Kota Dingin Takengon, pada (Selasa, 21 Mei 2024).

"Rapat ini menjadi momentum penting
bagi kita untuk merenung, berdiskusi, dan bertindak bersama dalam mencapai visi kesehatan yang lebih baik bagi semua warga Aceh", ujar dr. Munawar, Sp.OG(K) yang membacakan sambutan tertulis Gubernur Aceh itu.

Munawar menambahkan bahwa Rakerkesda ini menjadi forum yang sangat berharga bagi kita semua untuk mengevaluasi capaian-capaian yang telah kita raih, serta untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang akan kita ambil ke depan guna meningkatkan kesehatan masyarakat Aceh.

Aceh memiliki potensi besar dalam sektor kesehatan, namun kita juga dihadapkan pada berbagai tantangan yangtidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, diperlukan kerja keras, sinergi, dan kolaborasi dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, untuk bersama-sama mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik.

Sejalan dengan itu, pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal sebagai berikut;

"Pertama, Kepada Para Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Aceh, izinkan saya untuk mengungkapkan rasa bangga atas dedikasi yang saudara tunjukkan dalam menjalankan tugas selama ini. Anda semua adalah gard aterdepan dalam memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Aceh", tambah Munawar.

Tugas yang saudara emban tidaklah mudah, namun semangat dan komitmen saudara dalam menghadapi setiap tantangan telah menjadi pilar utama dalam memperbaiki dan memperkuat sistem kesehatan Aceh.

"Kedepan kami minta anda semua untuk terus berjuang dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan peningkatan di beberapa indikator utama Pemerintah Aceh bidang kesehatan, seperti angka Umur Harapan Hidup, angka Stunting, Penurunan Angka Kematian Ibu, Penurunan Angka Kematian Bayi, dan sebagainya. Saya percaya, dengan kerjakeras, kolaborasi yang solid, dan inovasi yang berkelanjutan, kita dapat mencapai perubahan yang signifikan dalam beberapa indikator kesehatan kunci yang telah kita tetapkan", tambah Munawar lagi

Kedua, di tahun ini, kami menerima kabar baik bahwa Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Kesehatan, akan menyalurkan alat-alat kesehatan bagi rumah sakit, Puskesmas, dan laboratorium kesehatan di Aceh.

Dana untuk pengadaan alat-alat tersebut berasal dari pinjaman luar negeri, yang dirancang untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal ini sangatlah penting, mengingat tantangan besar yang dihadapi oleh sektor kesehatan, terutama dalam penanganan penyakit-penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan uronefrologi.

"Dengan tersedianya alat-alat kesehatan ini, saya mengajak kita semua untuk memastikan bahwa alat ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,
sehingga setiap warga Aceh dapat mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau", jelas Munawar.

Ketiga, saya ingin menyoroti perhelatan olahraga nasional, PON XXI Aceh Sumut, yang akan diselenggarakan tahun ini.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang prestisius bagi para atlet, tetapi juga merupakan kesempatan bagi Aceh untuk memperlihatkan kemajuan dan potensi yang dimilikinya kepada dunia. Kesiapan infrastruktur kesehatan lokal akan menjadi faktor kunci dalam menjamin keberhasilan acara ini.

"Oleh karena itu, saya mengajak seluruh Kadinkes dan Direktur Rumah Sakit se-Aceh untuk berperan aktif dalam memastikan bahwa sistem kesehatan kita siap menjawab setiap tantangan yang mungkin timbul selama penyelenggaraan PON", harap Munawar.

Di akhir sambutannya, Munawar mengajak seluruh peserta untuk berperan aktif dalam menyampaikan ide, gagasan, serta solusi-solusi inovatif yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan Kesehatan di Aceh. Marilah kita semua menjaga semangat dan komitmen untuk terus berjuang demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Setiap langkah kecil yang kita ambil hari ini akan membawa kitalebih dekat kepada visi kesehatan yang lebih baik bagigenerasi mendatang.

👁 747 kali

Berita Terkait